Bagaimana menjadi customer service yang baik dan berkualitas ?
4 October 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 2,104
Comments: 0

Bagaimana menjadi customer service yang baik dan berkualitas ?

Salah satu rahasia menarik banyak pelanggan setia yaitu memiliki tim customer service yang berkualitas. Mengapa demikian ? Karena memang pada dasarnya banyak tidaknya pelanggan setia yang tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan, tidak hanya bergantung pada kualitas barang yang anda tawarkan, tapi juga dipengaruhi dengan cara pelayanan yang baik. Dan pelayanan yang baik ini tidak hanya dari atasan saja, tapi juga harus diterapkan untuk semua karyawan khususnya customer service.

Sering sekali para pelanggan masih komplain terhadap pelayanan perusahaan yang masih kurang sempurna. Salah satunya ke tidak sempurnaan pelayanan ini dikarenakan pelanggan tidak mendapatkan apa yang dijanjikan perusahaan dan customer service kurang baik sehingga daripada pelanggan harus merasa tidak nyaman, maka mereka memutuskan untuk pergi dan mencari perusahaan yang lebih bonafit khususnya bonafit dalam pelayanannya.

Young man in the office and answering several phones at the sameMasalah pelayanan inilah yang harus menjadi perhatian penuh bagi perusahaan dalam memperbaiki kekurangan pelayanan, karena jika dibiarkan terus menerus maka akan memberikan kerugian bagi perusahaan anda.

Sebenarnya hanya satu permintaan dari pelanggan yang diminta kepada perusahaan yakni perusahaan mampu memberikan pelayanan dengan baik dan dapat menepati janji.

Maka dari itu penting bagi perusahaan yang memiliki tim customer service, harus mempersiapkan segala ilmu dan strategi pelayanan agar anda bisa mendapatkan tim customer service yang baik dan berkualitas. Bagaimana menjadi customer service yang baik dan berkualitas?

Berikut ini beberapa langkah cara menjadi customer service yang baik dan berkualitas

  • Pastikan anda memberikan ilmu dan motivasi kepada semua karyawan frontliner atau customer service untuk selalu bersikap baik kepada customer tanpa harus membedakan derajat atau penampilan fisik customer
  • Berikan penjelasan bahwa "customer adalah sumber penghasilan" bukan "customer adalah raja". Sehingga pelayanan bisa lebih professional dan saling menghargai antara customer dan customer sevice.
  • Ajari cara pelayanan yang benar dan baik kepada siapapun.
  • Pastikan customer service memiliki sifat selalu positif
  • Ingatkan kepada karyawan customer service anda bagwa mereka adalah ujung tombak penghasilan dan kemajuan perusahaan. Tapi berikan penjelasan bukan ancaman.
  • Selalu berikan mereka ruang kenyamanan
  • Pihak manajemen harus membangun mindset seorang pemimpin yang kuat dan tangguh bagi dirinya sendiri kepada setiap tim customer service agar tim CS anda bisa bertindak secara professional kepada siapapun.
  • Pastikan pihak manajemen selalu memberikan motivasi dan semangat kerja sebelum kerja dimulai
  • Pastikan pihak manajemen selalu menjadi backoffice dalam membantu segala aktiftas para tim CS mereka.
  • Pihak manajeman harus selalu menciptakan inovasi dan ide ider baru yang menarik minat customer baru.

Customer service harus mampu memenangkan hati customer dengan cara mereka harus peduli dan peka terhadap customer seperti dengan mengetahui semua karakter, sifat, perilaku dari para customer anda.

back_officeTapi cara ini tidak bisa selancar itu jika tidak ada peran back office dari perusahaan.

Dimana perusahaan harus melakukan pengamatan terhadap customer kemudian mengumpulkan informasi apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan

selanjutnya informasi mengenai pelanggan ini anda sampaikan dan terapkan kepada semua tim CS agar tim CS dapat menjadi sahabat yang baik dan nyaman bagi pelanggan.

Jika perusahaan mampu membangun sebuah tim customer service yang tangguh dan berkualitas maka hal ini akan memberikan keuntungan yang sangat baik bagi perusahaan dimana selain mendapatkan pelanggan, dan profit yang lumayan, tapi juga dapat mendidik setiap orang agar siap bekerja di unit apapun dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara maksimal.

Karena pada intinya customer service merupakan kerja tim bukan kerja individu. Kesimpulannya, layanan pelanggan yang berkualitas harus memiliki karakter yang unik yang dapat memberi kemudahan kepada pelanggan melalui pelayanan yang cepat, murah, dan berkualitas.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>