Bagaimana Meningkatkan Penjualan Agar Hasil Maksimal
7 September 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 943
Comments: 0

Bagaimana Meningkatkan Penjualan Agar Hasil Maksimal

Bagaimana meningkatkan penjualan menjadi salah satu strategi yang dikembangkan oleh perusahaan maupun wirausaha. Penjualan menjadi salah satu langkah penting untuk membuat sebuah usaha bisa mencapai target. Salah satu target utama yang direncanakan adalah bagaimana cara untuk menghabiskan semua produk yang sudah dibuat atau membuat jasa yang ditawarkan dikenali oleh pembeli.

Hambatan paling besar dalam melakukan penjualan adalah banyaknya pesaing yang terus tumbuh setiap waktu. Bahkan terkadang persaingan muncul dalam waktu yang sangat cepat dan sulit untuk menyaingi produk baru yang serupa. Untuk itu perusahaan atau orang yang bergerak dalam bidang penjualan bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini:

Bagaimana Meningkatkan Penjualan Agar Hasil Maksimal

Bagaimana Meningkatkan Penjualan Agar Hasil Maksimal

Kenali Bisnis Anda

Apakah Anda mempunyai bisnis atau jasa yang harus ditawarkan kepada pembeli atau pemakai jasa? Hal pertama yang harus Anda lakukan agar produk atau jasa semakin dikenal luas adalah Anda memahami bisnis Anda sendiri. Lakukan beberapa analisa seperti, apa produk atau jasa yang akan Anda jual? Siapa orang yang memakai produk atau jasa Anda? Bagaimana langkah mendekati calon pemakai produk atau jasa Anda?

Setelah itu kembali lakukan analisa  berulang hingga sangat detail. Anda bisa meneruskan analisa dengan pertanyaan lain seperti berapa harga yang akan dibayarkan oleh pembeli atau pemakai jasa Anda? Tanpa Anda sadari maka beberapa analisa ini akan menghasilkan jalan keluar dari semua persoalan penjualan yang sebelumnya Anda hadapi.

Tentukan Tujuan Pemasaran Anda

Setelah Anda melakukan analisa dan menemukan jawaban dari bisnis yang Anda lakukan, maka tentukan tujuan khusus dari misi dalam pemasaran Anda. Tujuan pemasaran ini bisa Anda bagi dalam skala waktu misalnya per hari, per minggu, per bulan, per enam bulan hingga per tahun. Setelah Anda menetapkan tujuan dengan skala waktu maka cobalah untuk meningkatkan aktifitas penjualan.

Setelah Anda mendapatkan target pemasaran berdasarkan skala waktu maka tentukan target laba yang diinginkan. Laba menjadi ukuran bahwa bisnis Anda menunjukkan perkembangan atau justru penurunan. Laba juga bisa mencari target pasar khusus yang benar-benar bisa mendukung peningkatkan pemasaran produk atau jasa.

Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Salah satu strategi lain untuk terus meningkatkan hasil penjualan adalah dengan memenuhi semua kebutuhan pelanggan. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan maka Anda bisa mencoba untuk memilih atau mengembangkan produk atau jasa yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan. Untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan Anda bisa mencoba kreatif dan berani keluar dari kebiasaan.

Untuk mencapai pemasaran yang benar-benar sesuai dengan target maka pemasaran tidak hanya mengandalkan promosi. Anda harus mencoba untuk melakukan pemasaran kreatif dengan berbagai cara seperti media online. Selain itu selalu menentukan arah pemasaran sebelum melangkah juga harus dilakukan. Sisanya Anda harus berkembang dengan strategi kunci lain sebagai cara bagaimana meningkatkan penjualan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>