ARTIKEL Kepuasan Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis
29 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,241
Comments: 0

ARTIKEL Kepuasan Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis

Kepuasan pelanggan adalah modal penting untuk kesuksesan sebuah bisnis. Pelanggan yang merasa puas, ditandai dengan tidak adanya keluhan. Tapi tetap ada kemungkinan, mereka tetap mencari produk atau jasa lain, yang mendekati keinginandan kebutuhannya. Melalui artikel kepuasan pelanggan ini, bisa memperkaya pengetahuan untuk menciptakan pelanggan setia.

Faktor esensial dalam menciptakan pelanggan loyal adalah kepuasan pelanggan. Tetapi hal ini hanya salah satu bagian saja. Jadi, masih ada berbagai faktor lain yang harus diperhatikan, yakni Place, Product, Process, People dan Problem. Beragam komponen penyusun pengalaman konsumen tersebut, harus diperhatikan demi meraih kepuasan pelanggan.

ARTIKEL Kepuasan Pelanggan

ARTIKEL Kepuasan Pelanggan

Memahami Place, Product dan Process

Pemilihan lokasi usaha dan penataan tempatnya sangat penting dalam mendukung kesuksesan bisnis. Jarak tempuh, akses jalan dan tempat parkir akan menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih produk dan jasa tertentu. Karenanya, menyediakan berbagai fasilitas penunjang, seperti tempat parkir yang luas dan aman akan lebih menarik banyak pengunjung.

Kemudian desain tempat bisnis, seperti rancangan eksterior, interior, pemilihan warna cat, kebersihan, kesejukan dantingkat kebisingan menciptakan asumsi tersendiri bagi konsumen. Semisal, mengunjungi restoran pastinya faktor kebersihan sangat diperhatikan pengunjung. Pemilihan desain interior yang tepat, semakin menambah kenyamanan.

Setelah sampai di tempat bisnis, semisal sebuah supermarket, maka konsumen akan mencari produk sesuai keinginan dankebutuhannya. Mereka akan mencermati harga, merek, kualitas dan pengemasan. Dalam aktivitas tersebut terjadi tahapan process, dimana seharusnya pengelola bisa melayani pengunjung tanpa proses yang menyulitkan.

Meningkatkan kemampuan faktor people

Kalau semua faktor place, product dan process yang disuguhkan masih terdapat sejumlah kekurangan, maka faktor people diharapkan mampu melengkapi berbagai kekurangan tersebut. Setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang bisa fokus melayani pelanggan dengan baik. Inilah kenapa artikel kepuasan pelanggan ini sangat penting diketahui.

Dengan begitu, tidak perlu takut dengan para pesaing meskipun lokasi bisnisnya bersebelahan. Walaupun kompetitor memiliki tempat, produk dan regulasi yang sama bagusnya, kalau tidak dilengkapi dengan kemampuan sumber daya manusianya, maka tetap saja tidak bisa menciptakan kepuasan pelanggan yang lebih baik. Inilah keunggulan dari memiliki karyawan handal.

Penanganan terhadap problem atau komplain

Berbagai permasalahan bisa saja terjadi, sehingga komplain akan dilancarkan pelanggan. Hal ini wajar terjadi, meskipun sudah menerapkan sistem terbaik terhadap semua faktor untuk mendukung kepuasan konsumen. Komplain bisa saja terjadi, sebenarnya inilah kesempatan bagus untuk menumbuhkan pelanggan loyal.

Caranya dengan memberikan solusi terbaik, sesuai dengan keinginan konsumen. Kemampuan memecahkan permasalahan dengan bijak, harus dimiliki setiap karyawan. Jadi, saat ada keluhan dari konsumen, bisa berpikir jernih melihat permasalahan dan menawarkan penyelesaian secara tepat. Dengan artikel kepuasan pelanggan ini, diharapkan akan tercipta banyak pelanggan setia.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>