Apa Yang Dimaksud Service Excellence Dalam Keperawatan?
16 November 2014
Comments: 3

Apa Yang Dimaksud Service Excellence Dalam Keperawatan?

 1012 smiling nurse and patient_480_Landscape

Apakah Ada pernah  mendengar tentang  service  excellence dalam  keperawatan,   bagaimana tentang pelayanan satu ini?  Seorang perawat yang sering Anda temui di rumah sakit,  mereka harus memiliki service excellence yang baik kepada pasiennya.  Konsep  pelayanan  yang diberikan oleh rumah sakit sejalan dengan  konsep yang dipelajari dalam  profesi perawat.  Namun dalam  prakteknya  penerapan konsep tersebut  berbeda dari  konsep yang  dipelajari oleh perawat. Jadi jangan heran jika Anda pernah menjumpai  perawat yang  judes, tidak ramah dan yang kurang baik.

Penerapan service excellence dalam  keperawatan yang tepat sangat dibutuhkan, hal ini  karena perawata akan berhubungan langsung dengan pasien bahkan sering bertemu dengan pasien. Jika perawat judes dan tidak baik kepada pasien, tentu  pasien  tidak akan pernah lagi menggunakan pelayanan rumah sakit tersebut.  Jadi, service excellence keperawatan merupakan  pelayanan prima yang diberikan perawat  kepada pasiennya agar mereka puas dan terus menggunakan jasa rumah sakit bersangkutan.  Dalam keperawatan telah diajarkan  bagaimana komunikasi Therapetik yang  nantinya akan bermanfaat untuk  pelayanan  prima.

Perawat harus bisa menyampaikan salam yang baik kepada pasien,  memperkenalkan dirinya, menanyakan identitas pasien sebelum mereka melakukan tindakan. Service excellence dalam  keperawatan  meliputi beberapa hal diantaranya adalah:

  • Pengenalan diri perawat kepada pasien
  • Penyediaan privasi  yang baik kepada pasien dan keluarganya
  • Pengkajian  riwayat dan fisik awal pasien dengan baik
  • Pengkajian psikologis awal, keuangan awal dan juga  pengkajian religius awal yang tepat
  • Pengenalan risiko pasien untuk  kembali lagi ke unit perawatan

Beberapa  hal yang mencakup service excellence dalam  keperawatan di atas juga membutuhkan suatu system yang benar-benar nyata. System tersebut akan memadukan hasil kerja  berbagai unit demikian juga  kinerja perawat. Service excellence dalam keperawatan  merupakan suatu tatanan yang  mempertemukan  satu manusia dengan  manusia yang lainnya. Proses inilah yang harus dipelajari dan diterapkan oleh rumah sakit agar bisa  memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi pasiennya. Diharapkan semua perawat  mampu bekerja secara professional  dan mampu memberikan service excellence dalam keperawatan  yang  benar-benar dibutuhkan bahkan melebihi apa yang diharapkan oleh pasiennya.

Comments

comments

3 responses on “Apa Yang Dimaksud Service Excellence Dalam Keperawatan?

  1. […] dengan baik, bahkan akan bangkrut. Untuk memberikan pelayanan terbaik maka Anda harus memberikan service excellence yang tepat apda pasien.  Anda bisa membaca berapa makalah service excellence di rumah sakit […]

  2. […] perlu  perawat mendapakan training service excellence?   Service excellence  dibutuhkan bukan hanya  untuk  […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>