8 Karakter Seorang Super Sales Handal
16 September 2016
Category:
Blog
Sales Views: 319
Comments: 0

8 Karakter Seorang Super Sales Handal

Sales adalah bagian utama dari pemasaran sebuah produk baik yang dipasarkan secara online maupun offline. Terjualnya sebuah produk tergantung pada kemampuan seorang sales untuk mempromosikan produk dan juga meyakinkan para pelanggan.

Jika sebuah perusahaan penyedia layanan jasa maupun produk ingin produk atau jasanya mendapatkan rating pembelian yang tinggi, perusahaan yang bersangkutan wajib memiliki super sales dengan delapan karakter berikut ini.

1.  Mengetahui dengan pasti produk yang sedang dijual

thumbs-up-owned-by-good-news-network

Akan sangat ironis jika seorang super sales tidak tahu dengan sedalam-dalamnya mengenai produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

Materi mereka dalam presentasi atau dalam memprospek konsumen tentunya tidak jauh dari kelebihan, kegunaan dan juga cara pakai sebuah produk tertentu.

Ini adalah knowledge dasar yang harus dimiliki oleh seorang sales sebelum pada akhirnya terjun ke lapangan mencari konsumen.

2.  Yakin dengan produk yang sedang dijual

happiness-art

Anda percaya bahwa chemistry itu bisa dirasakan bukan? Jika ya, ketika sedang menjadi sales Anda harus benar-benar yakin akan produk yang sedang Anda jual.

Ketika Anda yakin dengan produk Anda, chemistry atau isi dalam benak Anda akan terpancar dan sampai pada pelanggan.

Ada kemampuan sugesti yang dilibatkan disini.  Yakinlah dengan produk yang sedang Anda jual dan dapatkan keyakinan konsumen.

3.  Mengerti Pelanggan dengan mengetahui kebutuhannya

Anda bisa mengerti dan memahami pelanggan salah satunya dengan cara mengetahui apa yang sedang dia butuhkan. Anda bisa melihat kebutuhan konsumen dengan memakai sudut pandang mereka dan menanyakan sedikit informasi tentang keadaan mereka. Tentunya konsumen yang merasa dipahami akan merasa nyaman untuk melakukan interaksi dengan Anda.

4.  Berilah nilai lebih bagi pelanggan

nilai-saat-smp-bisa-menentukan-kesuksesan-seseorang

Penjualan produk dengan laba besar bagi produsen dengan menghalalkan segala cara tidak akan membekaskan kesan positif bagi pelanggan.

Sebaliknya Anda akan bisa mendapatkan kepercayaan konsumen dengan cara mengambil laba minimal dan bersikap baik kepada clien sehingga tidak menutup kemungkinan di lain kesempatan konsumen tersebut akan mencari Anda kembali.

5. Menganalisa motif pembeli

online-shoping-karne-par-discount

Anda bisa menggerakkan pikiran konsumen dengan cara menganalisa motif pembeliannya.

Misal Anda bisa menanyakan apakah klien Anda memiliki seorang adik dan adik Anda tentunya sedang membutuhkan barang yang sedang Anda prospek ke klien Anda.

Dengan memberikan produk tersebut, adik Anda tentunya akan merasa bahagia dan senang mendapatkan surprise dari Anda.

6. Mengetahui karakter pembeli

emoji-0-0

Sales person yang handal wajib mengetahui karakter atau kualifikasi pembeli masing-masing.

Anda bisa mengetahui kualifikasi pembeli dengan cara berbincang ringan dengannya sebelum akhirnya menawarkan produk Anda.

Hal-hal yang bisa Anda tanyakan pada mereka adalah seputar kebutuhan yang sedang dicari, terkait  motif calon pembeli dan juga posisi keuangan mereka saat ini.

7. Mampu menetralisir perasaan calon pembeli

Anda bisa terlebih dahulu mengamati benak calon pembeli Anda, apakah mereka terbuka atau tertutup atau mereka cenderung menolak atau menerima apa yang Anda tawarkan. Terlebih dahulu Anda bisa menanyakan motif mereka dan apa yang mereka butuhkan dan memilih dikasih penawaran yang tepat.

thinksales_08_2010_two-principles-for-closing

8. Sales closing yang andal

Sebagai super sales, Anda dituntut untuk mampu memberikan closing yang ampuh.

Jangan sampai di penghujung acara Anda menanyakan “Anda Jadi Beli atau Tidak?” tetapi yang harus Anda tanyakan adalah “Anda pilih yang Mana?”

dengan begitu klien akan tergiring untuk membeli produk Anda karena inisiatif mereka sendiri dan bukan karena tawaran Anda. Ingin jadi super sales Andal? Pastikan Anda menguasai kedelapan tips menjadi seorang super sales diatas. Selamat bereksperimen!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>