7 Cara Presentasi yang Baik di Depan Audience
2 October 2016
Category:
Blog
Communication
Service Excellence Views: 1,088
Comments: 0

7 Cara Presentasi yang Baik di Depan Audience

7 Cara Presentasi yang Baik

Cara presentasi yang baik itu seperti apa sih? Untuk menjelaskan suatu konsep kepada pendengar dibutuhkan presentasi. Presentasi pada umumnya disajikan dalam bentuk power point dengan pembicara yang memang tidak sekedar pandai berbicara tetapi juga menguasai materi yang disampaikan. Ada beberapa faktor teknik yang mempengaruhi presentasi yang mana juga menjadi syarat yang perlu diperhatikan agar presentasi berlangsung lancar di depan audience.

Adapun berikut ini diberikan beberapa cara presentasi yang baik, diantaranya:

1.  Kemampuan Berbicara dan Bahasa Tubuh

tips-melakukan-presentasiKemampuan berbicara memang menjadi salah satu kunci dalam penyajian presentasi. Pasalnya dengan skill berbicara yang memikat, perhatian pendengar dapat ditangkap. Cara Anda berbicara dan menyampaikan presentasi pun menjadi sorotan utama para pendengar. Oleh karena itu, berikan penampilan terbaik dan usahakan agar tidak terlihat grogi.

Namun, sejatinya tidak cukup hanya pandai berbicara. Gaya tubuh Anda yang menarik juga harus dapat menguasai audience. Akan tetapi perlu pula disertai dengan pengontrolan apakah audiennce masih memperhatikan presentasi Anda atau malah sibuk dengan urusan masing-masing. Ada banyak hal yang bisa dicoba untuk menguasai pendengar misalnya dengan melakukan simulasi, menayangkan video, mengajak diskusi, atau melemparkan pertanyaan. Berikan hal-hal menarik yang membuat pendengar tidak bosan dengan presentasi Anda.

2.  Hindari Berbicara dengan Slide

powerpoint-reading-slidesJangan terlalu banyak melihat pada slide yag isinya sudah dapat dibaca oleh pendengar. Usahakan sebisa mungkin Anda menatap fokus pada mata pendengar dan mencuri perhatian mereka. Memperbanyak kontak mata dengan audience juga akan membuat presentasi Anda jauh lebih menarik.

Untuk presentasi gunakan desain yang sederhana tetapi terlihat menarik. Pertimbangkan betul keserasian warna antara background dengan warna tulisan. Jangan sampai warna latar malah membuat kalimat tidak bisa dibaca jelas karena terlalu kontras.

 

3.  Tunjukkan Antusiasme

Supaya pendengar tidak bosan atau mengantuk sepanjang presentasi, Anda mesti menunjukkan antusiasme dan semangat dalam penyampaian materi. Buat agar audience tertarik dengan apa yang Anda sampaikan. Misalnya seperti cara presentasi yang baik Steve Jobs yang kerap menggunakan kata-kata keren dan extraordinary saat mengenalkan bermacam fitur ciamik yang disematkan pada perangkat andalannya.

4.  Jelaskan Setiap Point yang Ingin Disampaikan

fresh4-ariaSebelum memulai presentasi, tidak ada salahnya  bila Anda menjelaskan kepada pendengar bahwa ada beberapa point penting yang akan disampaikan. Dengan memberi panduan yang jelas sejak awal, sekiranya dapat menyugesti pendengar agar menyimak materi yang dipresentasikan.

 

 

5.  Buat Angka Menjadi Berarti

Bila Anda memiliki data berupa angka yang bisa dipresentasikan, maka manfaatkan secara optimal. Penyajian data dalam bentuk angka terutama yang disampaikan secara signifikan cukup sukses menarik perhatian audience. Sehingga pendengar menjadi penasaran dan terus menyimak atau mungkin malah tertarik untuk bertanya.

6.  Kuasai Materi

presentation-helper-31Menguasai materi berarti Anda selaku pembicara mesti memilah materi apa yang wajib ditekankan dan apa yang perlu dihilangkan supaya presentasi berlangsung efektif. Penguasaan materi tentunya juga membuat Anda merasa nyaman dan percaya diri saat mempresentasikan konten.

 

7.  Latihan dan Simulasi

Supaya materi bisa disampaikan secara lancar, jelas dibutuhkan latihan. Oleh karena itu, jangan malas untuk berlatih dan melakukan simulasi. Hal ini karena menyampaikan presentasi tidak sama seperti membacakan puisi, syair, atau menghafal materi. Setiap sesi presentasi pun mesti terasa hidup dan memiliki energi. Keduanya dapat terlaksana hanya jika pembicara menguasai materi dan menjiwai materi. Mengingat selalu tentang detil apa saja yang perlu disampaikan juga menjadi salah satu kunci rahasia dalam cara presentasi yang baik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>