6 Trik Khusus Membuka Percakapan
27 September 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 470
Comments: 0

6 Trik Khusus Membuka Percakapan

Membuka percakapan akan menjadi hal yang menyiksa bagi Anda yang memiliki sifat pemalu. Namun terkadang ada suatu kondisi yang memaksa Anda harus membuka percakapan lebih dulu dari lawan bicara, meskipun rasa grogi pasti akan langsung menyerang. Misalnya ketika Anda bekerja di kantor yang baru, tentu daripada mengharapkan kawan baru yang menyapa duluan, akan lebih meninggalkan kesan positif jika Anda yang mulai menyapa dan memperkenalkan diri.

Dengan melakukan percakapan proses adaptasi Anda dengan lingkungan baru pasti akan mudah ketimbang harus sendirian dan terasing. Membuka percakapan juga bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki sifat periang dan bisa bersahabat dengan siapapun. Sebenarnya membuka percakapan dengan orang lain ini cukup mudah, asal Anda tahu untuk membuat percakapan Anda nantinya bisa menarik perhatian lawan bicara. Yang terpenting dalam bercakap-cakap Anda tidak mengeluarkan gerak tubuh yang berlebihan serta ekspresi yang dibuat-buat.  Ada beberapa trik khusus agar Anda bisa dengan mudah membuka sebuah percakapan.

Bangun kepercayaan diri c86049c153834e384c69e78dcb676555

Bagaimana caranya ? Yang paling simpel adalah dengan memperhatikan penampilan. Sebelum membuka percakapan dengan orang lain pastikan penampilan Anda rapi, bersih dan sopan. Sehingga Anda memiliki kepercayaan diri untuk berhadapan dengan orang lain dan memulai percakapan.

Dengan sikap percaya diri tersebut orang pasti akan lebih tertarik dan memberikan perhatian ketika Anda ajak bicara. Namun jangan sampai sikap percaya diri tersebut berlebihan dan malah berkesan sombong.

Buka percakapan dengan tema yang umum

Langsung membicarakan tema politik atau perang dunia bukanlah pilihan tema yang tepat ketika membuka percakapan. Sebaiknya pilih topik umum yang ringan seperti menanyakan kabar atau cuaca saat ini.

Jika membuka percakapan dengan orang yang baru dikenal lebih baik dahului dengan memperkenalkan diri. Jika percakapan tersebut berjalan lancar bahkan Anda akan merasa terkejut karena tiba-tiba sudah membahas banyak hal, yang bahkan tidak terlintas di pikiran Anda ketika di awal pertemuan tadi.

Jangan ajukan pertanyaan dengan jawaban singkat

direct_communication_marketingUntuk menarik pembicaraan lebih jauh lagi maka usahakan untuk memberikan pertanyaan yang membutuhkan jawaban panjang. Jangan hanya pertanyaan yang nantinya akan dijawab dengan kata “iya”, “mungkin” atau “tidak” saja.

Sebaiknya mulai dengan pertanyaan “siapa”, “apa” atau “kapan”, karena biasanya pertanyaan-pertanyaan tersebut akan memancing lawan bicara untuk memberikan penjelasan.

Menyampaikan kalimat-kalimat positif

Jika membuka percakapan dengan orang yang baru dikenal sebaiknya jaga image dengan memberikan kalimat-kalimat positif. Kata sanjungan atau pujian akan membuat lawan bicara merasa dihargai oleh Anda. Tapi sekali lagi jangan sampai berlebihan yang malah meninggalkan kesan Anda sedang mencari muka. Lakukan sewajarnya saja. Kalimat-kalimat positif juga akan menunjukkan bahwa Anda memiliki pikiran yang positif dan merupakan lawan bicara yang menyenangkan.

Kendalikan diri untuk tidak berbicara berlebihan

communicationTerkadang setelah melewati sesi “membuka percakapan” dan semuanya berjalan lancar, tanpa Anda sadari Anda akan menjadi banyak bicara melebihi lawan bicara. Hal ini juga kurang bagus karena Anda akan terkesan cerewet.

Sebaiknya kendalikan diri dengan memberikan waktu lawan bicara untuk berbicara. Anda bisa menanggapi dengan bahasa tubuh seperti anggukan agar tidak menyela serta berikan pertanyaan detail agar lawan bicara merasa bahwa Anda memperhatikannya juga.

Lakukan dengan spontan

Yang paling penting dari trik membuka percakapan ini adalah Anda tidak perlu memikirkan hal-hal remeh. Seperti kemungkinan Anda diabaikan atau mengkhawatirkan postur tubuh Anda saat berbicara. Lakukan saja segalanya dengan spontan dan jangan banyak berpikir, karena hanya akan membuat Anda tampak aneh di hadapan lawan bicara. Tarik napas lebih dulu, hampiri lawan bicara dan jadilah diri Anda sendiri. Tidak perlu membuat mimik atau menggunakan suara yang berlebihan. Bersikap santai justru akan mempermudah Anda dalam membuka percakapan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>