6 Cara Tingkatkan Penjualan Paling Ampuh
15 December 2016
Category:
Blog
Sales Views: 302
Comments: 0

6 Cara Tingkatkan Penjualan Paling Ampuh

Marketing atau sales merupakan peranan paling utama dalam sebuah perusahaan. Tanpa adanya seorang sales tentunya perusahaan tak akan ada artinya, sebab produk perusahaan tak bisa terjual. Jadi sukses atau tidaknya sebuah perusahaan tergantung dari sistem penjualan tim marketingnya itu sendiri. Maka dari itu, bagi Anda yang berprofesi sebagai sales atau marketing harus banyak membaca tentang ilmu-ilmu marketing yang cerdas dan berkualitas.

Cara Tingkatkan Penjualan Paling Ampuh

Tim marketing tentunya harus memiliki kiat dan cara cerdas untuk melakukan penjualan agar sukses mendapatkan “aksi” dari pihak klien atau calon konsumen. Berikut beberapa rahasia tingkatkan penjualan dengan cepat dan paling ampuh berikut ini :

1. Sell Your Reputation

handshake-business-deal-agreement-working-together-sales-rep-challenger-largeJangan fokus pada penjualan produk sebelum Anda mampu untuk menjual reputasi diri Anda terlebih dulu. Seperti halnya seseorang ketika membeli sebuah gadget, tentu objek produk yang mereka beli tentunya dilihat dari brand-nya terlebih dulu.

Mereka percaya bahwa brand menentukan kualitas produk. Dalam hal inilah, Anda tentunya berpikir sebuah merek atau sama halnya dengan reputasi yang tak hanya sebuah kumpulan maupun sederetan kata atau logo saja, tetapi juga mencakup lebih dari semua itu. Dimana brand produk identic terhadap dedikasi, komitmen dan juga tanggung jawab suatu perusahaan pada calon klien.

2. Ketahui Target Anda Sebenarnya

marketing-sales-solutions1_image_gallery_desktopPercuma saja Anda menghabiskan banyak tenaga dan suara hanya untuk menjual produk kepada yang bukan target tujuan produk Anda.

Karena setiap produk tentu memiliki segmen penjualan tersendiri, seperti kelas middle end, high end dan lain sebagainya. Dengan begitu kecenderungan mereka memilih produk Anda lebih besar.

3. Media Promosi Paling Efektif

Penjualan tentunya akan semakin menarik minat jika Anda menawarkan promosi melalui berbagai media. Tak perlu mahal-mahal, sebab ada beberapa media promosi paling praktis dan murah yang bisa Anda gunakan untuk menunjang penjualan Anda seperti twitter, facebook, stiker, nama dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan penjualan di forum-forum tertentu, yang memang menawarkan fitur promosi.

4.  Jangan Terlalu Terburu-Buru

6a00e54ed967ad88330154335349a5970cTak sedikit kita jumpai sales yang terkesan terburu-buru dan ingin produknya segera dijual, dengan cara apapun itu. Bahkan ada pula yang terkesan memaksa.

Hal tersebut tentunya justru membuat calon klien atau konsumen pun kabur. Sebagai seorang sales yang professional, Anda tentunya harus melakukan metode penjualan dengan pendekatan secara interaktif antara sales dan konsumen.

Dalam hal ini, Anda bisa saja sembari mengobrol dengan keadaan yang tenang dan santai lalu berbicara mengenai produk yang Anda jual, kemudian kekurangan dan kelebihannya kepada calon konsumen. Selain itu, mulailah menjual produk Anda kepada beberapa orang yang terdekat atau kerabat untuk dapat mengetahui kualitas produk yang dijual.

5. Jangan Lupa Untuk Mencatat Rencana Penjualan

rencana-kerja-marketing-jembatan-sukses-bisnis-andaSebagai selles atau marketing diharuskan membuat rencana penjualan atau sales plan, seperti misalnya jumlah pertemuan bersama konsumen, jumlah berapa kali Anda menelepon konsumen, jumlah persentasi hingga banyaknya daftar target baru untuk penjualan Anda.

Hal ini tentunya, membuat Anda semakin termotivasi untuk melakukan penjualan atau promosi produk dengan terencana.

6. Jangan Pernah Mengemis

Hindari berlaku seperti pengemis dengan cara memohon konsumen agar membeli produk Anda. Hal tersebut pastinya akan merusak nama baik profesi sales itu sendiri yang juga dapat menimbulkan persaingan tak sehat diantara sesame sales. Lakukan penjualan dengan cara cerdas, berkualitas dan tentunya kita masih dapat dihargai oleh para calon klien atau konsumen.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>