6 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
29 August 2016
Category:
Blog
Sales Views: 1,961
Comments: 0

6 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur dari sebuah keberhasilan sebuah usaha. Seperti yang kita ketahui bahwa pelanggan adalah raja, yang artinya sebagai pengusaha, kita harus bisa memberikan pelayanan dan servis yang memuaskan bagi pelanggan. Kepuasan pelanggan bukan hanya menjadi kebanggaan bagi pemilik usaha, namun juga memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan usaha.

Pelanggan adalah salah satu alat promosi secara tidak langsung. Bisa dibayangkan jika pelanggan puas dengan produk atau pelayanan kita, maka dengan mudah mereka akan merekomendasikan atau mempromosikan produk kita kepada teman, kerabat atau siapapun yang mereka jumpai. Di situlah maksud dari sebagai alat promosi ini. Begitu pula sebaliknya, jika pelayanan serta kualitas produk kita buruk, maka pelanggan juga tidak akan segan untuk menyatakan pendapat negatif mereka kepada orang lain.

Lalu bagaimana cara menimbulkan rasa puas bagi pelanggan ? Ada beberapa tips yang bisa dicoba oleh pemilik usaha agar pelanggan mereka merasa puas dan mendatangkan calon pelanggan lainnya.

Menjaga kualitas produk barang dan jasa

thumbs_1011

Pelanggan akan merasa puas jika mendapatkan barang atau jasa sesuai dengan yang mereka inginkan. Karenanya kualitas produk barang dan jasa yang kita tawarkan haruslah konsisten bagusnya.

Apalagi jika pelanggan hanya membayar murah namun bisa mendapatkan produk yang kualitasnya tinggi, pasti kepuasan pelanggan lebih meningkat. Bahkan meskipun produk tersebut memiliki harga mahal, pelanggan tidak akan berat mengeluarkankan uangnya jika kualitas produk memang sepadan dengan harga tersebut.

Pelayanan yang ramah

kepuasan konsumen

Melayani pelanggan memerlukan teknik khusus untuk bisa mendapatkan perhatian dan meningglkan kesan tersendiri bagi pelanggan. Jangan pernah menampakkan wajah murung, cemberut atau marah yang bisa membuat pelanggan segan atau malah kesal.

Senyum merupakan tips paling utama dan paling mudah yang bisa dipraktekkan agar pelanggan merasa nyaman. Jangan bosan menjawab apapun pertanyaan dari pelanggan. Dan jika pelanggan mengajukan komplain ucapkan lebih dulu permintaan maaf, meskipun sebenarnya letak kesalahan ada pada pelanggan.

Dengarkan keluhan dan saran dari pelanggan

woman-at-checkout

Jika pelanggan menyampaikan keluhan dan saran  maka sebaiknya dengarkan dan tindak lanjuti keluhan dan saran tersebut. Tentunya pelanggan menyampaikan saran dan keluhan tersebut karena ada hal yang tidak nyaman bagi mereka.

Dan dengan menindaklanjuti keluhan dan saran mereka, selain pelanggan merasa dihargai pendapatnya, kita  juga bisa sekaligus mengetahui apa kekurangan usaha kita dan memperbaikinya.

Langsung mendatangi pelanggan

Untuk menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan perlu adanya komunikasi yang baik dan hangat. Akrabkan diri kepada pelanggan, namun jangan pula terlihat sok akrab dan sok kenal. Dekati pelanggan secara profesional, tanyakan apa yang mereka butuhkan dan sigap dengan segala permintaan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan lebih berlipat ketika ia dimudahkan untuk mencari produk yang ia inginkan. Karena terkadang ada pelanggan yang malu atau segan untuk bertanya lebih dulu, sehingga diperlukan pelayanan yang lebih aktif.

Berkata “tidak” jika memang tidak mampu mengabulkan keinginan pelanggan

minta maaf ke pelanggan

Meskipun pelanggan adalah raja namun pemilik usaha tetaplah manusia biasa dengan segala keterbatasan. Jika tidak mampu menyediakan produk yang diinginkan oleh pelanggan sebaiknya katakan dengan jujur. Jangan berbohong dan memberikan harapan palsu kepada pelanggan.

Karena ketika kita sudah berjanji tapi tidak mampu memenuhinya, pelanggan tentu akan merasakan kekecewaan. Dengan berkata sejujurnya setidaknya memberikan kesan bahwa kita adalah pengusaha jujur di mata pelanggan.

Berikan pelayanan ekstra

Seperti memberikan diskon khusus atau promosi baik pada pelanggan baru ataupun pelanggan lama. Buat kartu member dengan beberapa kelebihan fasilitas yang menarik pelanggan dan membuat mereka merasa istemwa. Atau ketika ulang tahun perusahaan bisa juga dengan memberikan hadiah kepada pelanggan yang paling loyal. Pelayanan ekstra yang banyak menguntungkan pelanggan pasti bisa meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>