4 Trik Efektif Mengatasi keluhan pelanggan Yang Sangat Sering Terjadi
22 February 2017
Category:
Blog
Sales
Service Excellence Views: 198
Comments: 0

4 Trik Efektif Mengatasi keluhan pelanggan Yang Sangat Sering Terjadi

Salah satu tantangan yang sangat mungkin anda alami saat menjalankan bisnis adalah saat mendengarkan keluhan dari para pelanggan anda. Apalagi jika anda melakukan penjualan dengan cara online. Ini biasanya sangat sering terjadi dan sangat sulit diatasi. Sehingga sebagai pembeli, mereka tidak bisa secara langsung melihat barang yang akan mereka beli. Customer hanya bisa membayangkan dari informasi dan deskripsi barang yang dijelaskan oleh anda sebagai penjual.

Masalah yang timbul dari semua ini adalah ketika ada masalah yang dikarenakan oleh kondisi barang yang biasanya tidak sesuai dengan barang yang diinginkan oleh customer atau terjadi masalah dengan pengiriman barang yang tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Sehingga untuk mengatasi masalah ini ada beberapa langkah efektif yang harus dilakukan diantaranya adalah :

Berikan mereka rasa Empati

negotiationSalah satu langkah terbaik untuk mengatasi masalah karena keluhan dari customer adalah dengan mendengarkan mereka dan berikan mereka empati.

Dimana ketika customer anda menyampaikan sebuah permasalahan dan komplain serta keluhan. Ada baiknya untuk anda menjadi pendengar yang baik dan jangan pernah menyela apa yang dibicarakannya.

Dan setelah mereka memberikan waktu untuk anda bicara, maka anda harus mengucapkan kata – kata yang bisa menunjukkan rasa empati anda. Sehingga mereka akan merasa jika anda juga perhatian dan mendengar apa yang mereka ungkapkan.

Jika ada customer yang bicara dengan nada yang tinggi atau karena dia emosi maka ada baiknya anda tidak memberikan penjelasan apapun sebelum mereka menyelesaikan pembicaraannya. Ketika orang sedang emosi, biasanya mereka tidak bisa menerima apapun yang diberikan. Untuk itu, ada baiknya untuk anda memberikan mereka rasa empati.

Jangan terlalu kaku dan harus tetap berwibawa

Ada banyak sekali customers yang merasa apa yang mereka keluhkan tidak bisa didengarkan dengan baik karena sikap dari anda yang terlalu kaku dalam menghadapi semua komplain yang mereka berikan. Anda bisa menggunakan bahasa yang santai, jangan terlalu kaku dan tidak terlalu formal.

Anda juga harus tetap menjaga wibawa sebagai seorang penjual. Sehingga anda tidak kehilangan reputasi dan juga kepercayaan anda. Jangan pernah mengalahkan diri sendiri atau karyawan saat memberikan respon dari pelanggan. Karena ini biasanya menjadi salah satu bagian dari pekerjaan anda.

Berikan mereka pilihan untuk solusi yang terbaik

solution-architecture-consulting-content-300x199Saat setelah pelanggan menyampaikan apa yang menjadi keluhannya dan semua kekecewaannya maka anda bisa memberikan penawaran untuk solusi yang bisa menjadi jalan keluarnya.

Usahakan juga untuk memberikan pilihan yang tidak merugikan anda dan juga customers. Anda juga harus memberikan mereka penjelasan yang sangat jelas dan detail mengenai pilihan dan juga solusi yang akan ditawarkan.

Jika memang pelanggan kecewa karena kelalaian dari pihak anda, maka anda tidak ada salahnya untuk berkorban. Dengan tujuan untuk menjaga reputasi anda dan memperbaiki layanan anda nantinya.

Lakukan follow up dan berikan mereka kabar

Pada saat pelanggan sudah menentukan solusi apa yang akan mereka ambil, maka langkah terbaik yang harus mereka lakukan adalah dengan menjalankan solusinya. Lalu anda harus memberikan mereka kabar mengenai perkembangan dari solusinya.

Dengan demikian anda bisa mengurangi kemungkinan komplain selanjutnya dari pelanggan. Dan ini bisa menjadi salah satu langkah terbaik anda dalam melakukan Trik Efektif Mengatasi keluhan pelanggan sehingga nantinya mereka menjadi lebih puas dengan pelayanan dan pemesanan produk ditempat anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>