5 Tips Pelayanan Prima Bagi Pelanggan
24 October 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 736
Comments: 0

5 Tips Pelayanan Prima Bagi Pelanggan

Memiliki pelanggan setia tentunya menjadi impian terbesar bagi setiap pelaku usaha, karena bukan tidak mungkin kesetiaan pelanggan menjadi peluang besar untuk meraih kesuksesannya di masa mendatang. Hal inilah yang seringkali membuat para pelaku usaha rela untuk melakukan pelayanan prima dalam menjaga kesetiaan dari para pelanggannya tersebut. Lantas langkah apa sajakah yang dapat dilakukan para pelaku usaha dalam memberikan layanan itu?

Simaklah uraian penjelasan singkatnya melalui 5 tips di bagian bawah ini :

1. Mengetahui cara meminta maaf

minta maaf ke pelangganPada dasarnya tidak semua pelanggan menjadi pihak yang benar, namun kebanyakan diantaranya memang justru ingin menjadi seorang pemenang. Karena itulah ketika terjadi sesuatu hal yang berjalan dengan tidak sesuai dengan harapan yang dimiliki oleh pelanggan tersebut, maka biasakanlah untuk segera melakukan permintaan maaf, sehingga tidak mengurangi tingkat kepuasan para pelanggan. Dalam melakukan permintaan maaf, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang pelaku usaha, seperti halnya penberian potongan harga atau diskon atas kesalahan yang telah diperbuatnya.

2. Menyapa pelanggan dengan menyebut nama

Setiap pelanggan tentunya akan merasa senang jika Anda menyapa mereka dengan menyebut namanya. Hal ini dilakukan sebagai strategi yang tepat untuk mendekatkan diri dengan pihak pelanggan. Selain itu, hal ini juga membuat pelanggan merasa lebih diperhatikan dan mendapatkan bentuk layanan yang lebih baik. Namun karena bnyaknya pelanggan yang Anda miliki, penyebutan nama seringkali menjadi hal yang tidak efisien, selain takut salah menyebutkan nama hal ini juga dapat membuat pelanggan merasa tersinggung. Karena itulah tidak ada salahnya untuk menggunakan alternatif lain, seperti menggunakan panggilan khusus. Hal ini dapat dilakukan dengan menyebut sista, juragan, bos, kakak, atau bahkan sebutan lainnya.

3. Minta Pendapat /feedback / Review Produk

Pelayanan prima yang Anda berikan akan memberikan efek jangka panjang. Tanyakan kepada pelanggan Anda, bagaimana pendapat mereka tentang produk / jasa Anda. Ketika mereka puas, dan mereka mau berbagi ke temannya, maka itu bentuk investasi viral yang luar biasa. Dan produk Anda akan dikenal banyak orang dengan biaya promosi yang sangat minimal , bahkan nol. Semua dimuali dengan minta pendapat pelanggan. Jangan menunggu mereka yang aktif memberikan feedback.

4. Dengarkan permintaan pelanggan dan lakukanlah follow up

4 JURUS AMPUH MENCAPAI TARGET PENJUALANKetika Anda mendapatkan permintaan khusus dari pelanggan, sebaiknya Anda perhatikan dengan baik dan dengarkan dengan seksama. Hal ini dapat Anda terapkan untuk melakukan follow up selanjutnya, sehingga konsumen lebih tertarik dan dapat melakukan transaksi pembelian terhadap produk yang Anda tawarkan dengan lebih mudah. Seperti halnya bentuk permintaan pelanggan untuk dihubungi ketika terdapat produk baru yang sesuai dengan keinginannya, maka segeralah hubungi pelanggan tersebut jika produk baru seperti yang diinginkan olehnya itu telah ada. Cara mengghubungi yang satu ini, biasanya akan mendapatkan sambutan baik, dan bahkan lebih berhasil untuk dilakukan.

5. Jawaban ‘iya’

Dalam melakukan interaksi dengan para pelanggan memang tidak jarang terdapat bentuk permintaan yang cukup aneh. Meskipun bentuk permintaan tersebut cukup menyulitkan Anda, namun usahakanlah untuk selalu memberikan jawaban ‘iya’ kepada pihak pelanggan. Karena bentuk jawaban tersebut mampu memberikan kepuasan tersendiri baginya. Selain itu, jelaskan pula, bahwa Anda akan berusaha untuk memenuhi keinginan yang diajukan olehnya. Dengan cara yang satu ini, meskipun pada akhirnya Anda belum bisa memberikan hasil yang optimal, biasanya pelanggan tetap akan berterima kasih dan merasa puas dengan apa yang sudah Anda usahakan untuk keinginan mereka.

Demikianlah 5 bentuk tips yang bisa Anda lakukan dalam memberikan bentuk pelayanan prima bagi pihak pelanggan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>