5 Tips Menghadapi Customer Online
23 November 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 76
Comments: 0

5 Tips Menghadapi Customer Online

Anda tentu mengetahui bahwa kepuasan konsumen sangatlah penting untuk memastikan bisnis Anda dapat terus berjalan dengan baik. Namun, terkadang dalam menjalankan bisnis online, Anda harus menghadapi berbagai macam tipe customer, beberapa diantaranya bahkan terbilang sulit untuk dihadapi. Oleh karena itu, berikut ini akan kami berikan 5 tips menghadapi customer online yang kadang menyulitkan Anda.

1. Selalu berikan respon cepat

195534-OY9OFH-216Apabila Anda menjalankan bisnis online, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah respon yang cepat.

Terkadang, respon yang lama akan membuat cutomer yang tadinya tertarik untuk membeli produk yang Anda jual menjadi berubah pikiran atau bahkan sudah malas membahasnya lagi jika waktu tunggu responnya terlalu lama.

Seperti apapun jenis customer Anda, Anda harus memberikan respon yang cepat baik itu untuk komplain ataupun untuk pertanyaan umum yang berkaitan dengan produk.

2. Jawab pertanyaan cutomer dengan sabar

Terkadang, Anda harus menghadapi cutomer yang rewel dan memiliki banyak permintaan. Atau, mungkin cutomer Anda tidak rewel, hanya saja malas untuk membaca keterangan produk yang sebenarnya sudah Anda cantumkan. Menghadapi satu cutomer yang malas membaca dengan teliti memang tidak terlalu merepotkan. Namun bagaimana jika Anda harus menghadapi banyak customer yang seperti ini? Tentunya Anda jadi harus mengulang-ulang penjelasan yang membuat Anda kerepotan padahal Anda tetap harus memberikan respon cepat kepada mereka.

Untuk mengatasinya, Anda dapat dengan sabar dan sopan mengarahkan mereka untuk membaca caption yang sudah Anda cantumkan. Atau, jika mereka masih bingung, Anda tinggal copy paste saja penjelasan yang sudah Anda tuliskan sebelumnya.

3. Kuasai pengetahuan tentang produk agar bisa menjawab semua pertanyaan customer

TeamworkKarena produk yang dibeli tidak dapat dilihat secara langsung, customer online akan cenderung cerewet menanyakan spesifikasi produk, kondisi produk, keaslian produk, dan beberapa di antara mereka mungkin akan memastikan dulu bahwa mereka tidak akan tertipu.

Dalam menghadapi customer yang memiliki banyak pertanyaan seperti ini, Anda harus menguasai secara mendalam tentang produk yang Anda jual.

Dengan menjawab semua pertanyaan mereka dengan baik dan masuk akal, mereka akan percaya untuk berbelanja di toko online milik Anda. Selain itu, Anda juga harus telaten dalam menjawab setiap pertanyaan customer msekipun pertanyaan tersebut sepele.

4. Jangan buru-buru mengepak dan mengirim produk sebelum mendapat kepastian

Dalam dunia bisnis online, seringkali Anda harus menghadapi customer yang awalnya sudah bertanya banyak hal seolah ingin membeli, bahkan sudah memesan barang, namun ternyata tidak jadi membeli barang tersebut. Untuk menghadapinya, Anda tidak perlu marah pada customer tersebut atau terlampau sering menanyakan kepastian pada mereka. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu mereka mentransfer nominal yang disepakati, sesuai waktu yang telah ditentukan.

Anda bisa bertanya satu kali saja apakah customer jadi membeli barang tersebut dan mentransfer biaya yang dibutuhkan. Namun, apabila tidak ada respon atau kepastian dari mereka, Anda tidak perlu marah atau menanyakan terus menerus. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengepak barang yang dipesan oleh customer sebelum mereka benar-benar mentransfer uang yang dijanjikan. Sehingga apabila mereka batal membeli, Anda tidak perlu repot membongkarnya lagi.

5. Selalu tanyakan feedback dari customer meskipun mereka tidak komplain

Group of business executives using laptop at their deskMenanyakan pendapat customer tentang produk dan pelayanan yang mereka terima sangatlah penting untuk dijadikan masukan yang membangun bagi usaha Anda.

Meskipun customer tidak mengajukan komplain apapun, ada baiknya Anda tetap menanyakan apakah mereka puas dengan toko online Anda.

Jika mereka kemudian mengajukan komplain, maka segera catat komplain mereka dan tawarkan solusi dengan cepat. Dengan melihat respon dan solusi yang sangat baik dari Anda, mereka tidak akan kapok meskipun terdapat hal kecil yang pernah membuat mereka tidak puas berbelanja di toko online Anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>