5 Tips Membuat Presentasi Bisnis yang Menarik
13 February 2017
Category:
Blog
Communication
Sales Views: 180
Comments: 0

5 Tips Membuat Presentasi Bisnis yang Menarik

Tips membuat presentasi bisnis yang menarik banyak dicari pebisnis masa kini. Sebab, tidak bisa dipungkiri, untuk bisa mengembangkan usaha, salah satu caranya dengan mengadakan kerja sama dengan pihak lain. Saat menawarkan kerja sama inilah presentasi menarik sangat diperlukan.

Semakin menarik presentasi yang Anda sajikan, semakin besar peluang Anda untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain dan mengembangkan usaha Anda. Lalu, bagaimana cara membuat presentasi yang mampu menarik audiens ? Simak tips-tips berikut ini, yuk !

1. Membuat Draft

slide_5Sebelum membuat teks presentasi yang sesungguhnya, misalnya dengan slide, maka buatlah draft terlebih dahulu.

Tuliskan secara jelas tentang alur presentasi dari awal hingga akhir, mulai dari tujuan presentasi, penjelasan inti, hingga penutup yang pada intinya mengajak untuk bekerja sama.

 

 

2.Menyajikan Draft ke Dalam Media Presentasi

Setelah drelesai Anda buat, terapkan dalam sebuah slide, di mana setiap satu draf diletakkan pada satu slide, sehingga mudah untuk dijelaskan. Setelah itu, atur agar tampilan slide lebih menarik dengan cara-cara berikut:

  •  Melakukan perpaduan warna yang baik. Hal ini sangat penting untuk memberi kenyamanan bagi audiens untuk membaca dan menikmati penjelasan Anda. Kecerdasan Anda dalam memadukan warna bisa jadi menjadi penentu berhasil tidaknya presentasi Anda. Sebab, perpaduan warna yang tidak menarik akan membuat audiens merasa bosan.
  •  Menggunakan gambar yang menarik. Penggunaan gambar ini bertujuan agar audiens tidak bosan dengan penjelasan dan teks yang Anda sajikan. Selain membosankan, slide presentasi yang banyak menyajikan teks membuat audiens justru fokus untuk membaca daripada memperhatikan penjelasan Anda.
  •  Tampilkan poin-poin penting saja dalam slide. Dengan begitu, tidak dibutuhkan ruang banyak untuk menampilkan teks. Untuk penjelasan mengenai masing-masing poin bisa disampaikan secara langsung (lisan). Atau, Anda bisa memberikan ruang untuk sesi pertanyaan, di mana Anda akan menjelaskan lebih dalam mengenai presentasi Anda tersebut.

3. Persiapkan Diri Anda

persiapan-presentasiUntuk bisa melakukan presentasi dengan baik, Anda harus mempersiapkannya terlebih dahulu, baik media yang akan digunakan maupun mental Anda.

Penampilan dan kepercayaan diri Anda saat berpresentasi sangat menentukan ketertarikan audiens terhadap Anda. Semakin Anda tampil percaya diri dan didukung dengan penampilan menarik, semakin besar peluang Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

 

 

4. Membuat Cerita Pribadi dalam Presentasi

Saat berpresentasi, Anda bisa membuat cerita tentang pengalaman diri Anda sendiri. Misalnya, bagaimana Anda mulai membangun bisnis, pengalaman menarik apa saja yang Anda dapatkan, hingga bagaimana produk Anda pertama kali diterima masyarakat.

Dengan cerita tersebut, audiens mendapat gambaran tentang diri Anda sekaligus produk yang Anda tawarkan.

5. Memberikan Kesan kepada Audiens

074368900_1471256970-Presentasi_1Di akhir presentasi, usahakan untuk memberikan kesan menarik sehingga audiens akan selalu teringat, bahkan tergoda untuk melakukan kerja sama.

Jangan sekali-kali memberi beban kepada audiens, misalnya mengharapkan kerja sama. Sebab, cara ini justru membuat audiens ragu dengan produk Anda.

Setelah menerapkan kelima tips di atas, saatnya untuk berlatih. Latihan sangat diperlukan sebelum Anda melakukan presentasi. Sebab, tidak bisa dipungkiri, berhadapan langsung dengan audiens bukan perkara mudah. Terlebih dengan beban agar mereka tertarik untuk melakukan kerja sama dengan Anda. Rasa grogi dan deg-degan tidak bisa dihindarkan.

Dengan melakukan latihan sebelumnya, Anda akan menguasai materi yang akan Anda sampaikan. Rasa percaya diri Anda pun akan muncul. So, selamat menjalani presentasi dengan menerapkan semua tips membuat presentasi bisnis yang menarik tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>