5 Teknik untuk Meningkatkan Penjualan
21 October 2016
Category:
Blog
Training Views: 453
Comments: 0

5 Teknik untuk Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan meningkatkan skill / kemampuan teknik penjualan serta dengan memiliki hubungan yang baik dengan konsumen.

Untuk teknik penjualan ada berbagai macam, mari kita simak mengenai teknik penjualan yang tepat untuk meningkatkan penjualan anda.

Membuat kesan urgent

Pernah nonton iklan tv penjualan apartment : ” Senin harga naik ! ” ?

diskon Kebanyakan dari konsumen baik sadar maupun tidak sadar mereka tidak ingin melewatkan kesempatan yang bagus. Dengan memanfaatkan hal ini, anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan ketertarikan seseorang dengan produk anda. Salah satunya adalah dengan memberikan sale / diskon dengan waktu terbatas.

Konsumen pada umumnya – terutama wanita – tidak akan melewatkan special offer yang anda berikan di toko anda. Cara ini adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan konsumen yang berasal dari golongan yang tidak berniat membeli. Cara ini adalah cara yang sangat umum. Bahkan sebagian orang melakukan kecurangan dengan menaikkan harga terlebih dahulu setelah itu baru mereka menurunkannya dengan melakukan diskon. Cara ini sebetulnya bukan cara yang baik untuk dilakukan tapi sayangnya sudah banyak menjamur.

Memuji Tanpa Lebay

Untuk meningkatkan penjualan lebih tinggi gunakan teknik untuk menjilat konsumen dengan cara yang cerdas dan profesional. Terkadang menraih hati konsumen dengan memuji tetap dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Jadilah seorang yang suka memuji  karena setiap orang pasti senang disanjung. Tapi jangan sampai terlalu kelihatan karena akan terasa memuakkan dan palsu. Berikan pujian seperlunya agar terkesan lebih nyata.

Membuat konsumen merasa berkewajiban

Salah satu teknik dalam penjualan adalah mengetahui karakter konsumen terutama mereka yang memiliki karakter yang baik. Banyak orang akan melakukan hal yang lebih untuk orang lain ketika mereka mendapatkan pelayanan atau melakukan sesuatu untuk mereka. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk me

service excellence

mberikan konsumen sedikit rasa tidak enak ketika tidak membeli.

Pernahkah Anda ditawarkan minuman saat masuk toko, padahal Anda belum tentu beli ?

Beberapa tahun yang lalu, di sebuah pabrik & toko cokelat terbesar di Kuala Lumpur, kami pernah dipersilahkan untuk mencicipi cokelat yang kami suka, sambil diajak berkeliling miniatur pabrik. Setelah tour pabrik, kami diberikan kesempatan untuk berbelanja. Ada perasaan tidak enak kalau tidak jadi belanja.

 

Ada banyak penjual nakal yang sering memanfaatkan kondisi ini untuk kepentingan mereka sendiri. Sebetulnya anda tidak perlu berlebihan. Lakukanlah pelayanan seperti biasa mungkin berikan sedikit perhatian dengan memberikan minum pada konsumen, atau dengan menyediakan waktu untuk pertemuan hal ini sudah cukup membuat konsumen merasa berkewajiban untuk membantu meningkatkan penjualan anda.

Jangan terburu-buru melakukan penjualan

Melakukan penjualan dengan cepat adalah salah satu yang sangat diidamkan apalagi dengan iming-iming komisi untuk anda. Dengan hal ini anda akan membuat Anda tertekan untuk lebih menggencarkan penjualan, meski saat itu pelanggan masih merasa enggan untuk membeli produk anda. Tapi hal ini salah.Penjualan secara terburu-buru ini tidak selalu meningkatkan penjualan . Terkadang bahkan konsumen bisa merasa tertipu. Dan seperti yang kita tahu tidak ada orang yang senang merasa tertipu.

Jadilah penjual yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan

Ada banyak penjual yang melakukan segala macam cara, baik yang baik maupun yang kotor untuk meningkatkan pemasukan mereka. Tapi hal ini bukan hal yang baik, jadi buatlah diri anda sebagai seorang yang memiliki integritas. Lakukan permintaan maaf ketika anda bersalah dan juga tepati setiap janji yang anda buat. Konsumen akan lebih mengargai salesman yang mereka percayai sebagai orang yang baik-baik dan tidak memiliki potensi menipu sehingga mereka akan memberikan review yang baik bagi anda.

Ketika hubungan antara klien dan salesman gagal, anda akan merasa menderita. Jadi lebih baik jadilah seorang yang jujur dan lakukan pekerjaan anda dengan baikuntuk  meningkatkan penjualan. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan konsumen dengan loyalitas sekaligus menjadi seseorang yang memiliki harga diri.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>