5 Strategi Meningkatkan Kualitas Customer Service Anda
8 March 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,539
Comments: 0

5 Strategi Meningkatkan Kualitas Customer Service Anda

Dalam dunia bisnis, peran customer service memang sangat dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan yang dimiliki dalam bisnis tersebut, karena dengan pelayanan yang baik, maka keuntungan yang diraih pun  akan semakin meningkat pula. Pelayanan yang baik tentu saja dimulai dari proses negosiasi hingga transaksi yang dapat dilakukan dengan lancar. Ingin tau bagaimana cara untuk memuaskan pelanggan dengan bentuk pelayanan yang baik tersebut?

Simaklah 5 bentuk strategi yang wajib untuk dilakukan oleh customer service dalam meningkatkan kualitas pelayanannya berikut ini :

1. Respon lebih cepat dan tanggap

3 Pelayanan Prima Di Hotel Yang Perlu Diberikan

Dari semua hal yang wajib untuk dilakukan dalam pelayanan, respon dengan tingkat ketanggapan yang tinggi menjadi kunci utama dari kepuasan pelanggan. Dalam melakukan hal yang satu ini, Anda tidak perlu melakukan tatap muka secara langsung dengan pelanggan, karena dengan kecanggihan terknologi yang ada saat ini Anda pun dapat melakukan komunikasi dengan lebih mudah. Biasakanlah untuk memiliki respon yang cepat dalam menanggapi setiap permasalahan yang diajukan oleh konsumen, baik itu sebuah permintaan, keluhan, atau bahkan sistem transaksi yang dilakukan dengan pelanggan. Karena banyak pelanggan yang biasanya menempatkan kecepatan respon sebagai pilihan utama dalam pembelian suatu produk yang diinginkan olehnya, utamanya dalam dunia bisnis online.

2. Mendengarkan keluhan

Tidak jarang konsumen merasa kecewa dengan barang atau pun produk yang sudah perusahaan berikan. Karena itulah biasakan diri untuk mendengarkan setiap keluhan yang diungkapkannya. Setiap bentuk komplain yang masuk justru dapat berguna sebagai bahan evaluasi, utamanya dalam meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh seorang customer service. Selain itu, dalam mendengarkan keluhan pelanggan, akan lebih baik lagi jika Anda juga mampu memberikan solusi yang paling tepat, baik itu bagi pihak pelanggan atau pun perusahaan.

3. Menjaga kesabaran

frontliner gofaztrack.comKesabaran juga menjadi kunci utama untuk menjadi seorang customer service yang handal. Hal ini tentu saja berkaitan dengan banyaknya keluhan yang masuk dari para pelanggan. Dengan berbagai macam bentuk keluhan yang berbeda, serta para pelanggan yang memiliki kondisi berbeda pula, diantaranya ada yang memiliki sikap tidak sabaran dan kerap kali memaki pihak pemberi layanan. Merujuk  pada hal tersebut, biasakanlah untuk selalu bersabar, jangan terpancing emosi, seperti halnya marah atau bahkan menyerah. Karena dengan bersabar, setiap masalah para konsumen dapat diatasi dengan lebih baik lagi, dan kesuksesan pun tentunya dapat Anda raih dengan lebih mudah.

4. Pemberian solusi yang tepat

Keluhan pelanggan pastinya akan diterima oleh pihak pemberi layanan baik itu dalam waktu cepat atau lambat. Banyak masalah yang dikeluhkan, seperti halnya keterlambatan pelayanan produk, atau bahkan produk yang diterima sampai dalam jangka waktu lama, kemudian ada pula ketidak sesuaian produk dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan dan juga berbagai macam bentuk masalah lainnya. Sementara itu, dari setiap keluhan yang masuk tersebut, tentunya dibutuhkan sebuah solusi yang tepat, hal ini berguna sebagai pemecahan masalah yang wajib untuk Anda berikan pada pelanggan. Selain meningkatkan bentuk layanan, solusi tersebut juga mampu memuaskan  keadaan pelanggan menjadi lebih baik. Sehingga pelanggan pun akan lebih percaya dan tentunya setia dengn  produk yang ditawarkan.

5. Menjaga kesopanan

Kesopanan menjadi hal penting, utamnya dalam melakukan interaksi dengan pelanggan baik itu secara tatap muka atau bahkan komunikasi yang dilakukan melalui media komunikasi lainnya. Sikap sopan bisa Anda tunjukkan melalui penggunaan bahasa yang baik. Memang tidak jarang konsumen yang memiliki banyak keinginan serta marah-marah yang seringkali membuat emosi mudah untuk terpancing. Hal ini harus diwaspadai dengan lebih hati-hati, sehingga layanan yang diberikan pun tetap berada dalam kondisi yang stabil. Selain penggunaan bahasa, gaya bicara, kata hingga penyusunan kalimat pun wajib untuk diperhatikan oleh seorang customer service dalam meningkatkan kualitas yang dimilikinya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>