5 Strategi Menarik Customer Agar Mencintai Produk Anda !
5 January 2017
Category:
Blog
Sales
Service Excellence Views: 265
Comments: 0

5 Strategi Menarik Customer Agar Mencintai Produk Anda !

Strategi menarik customer agar mencintai produk Anda, wajib dan perlu untuk Anda ketahui sebagai seorang pengusaha. Dalam hal ini, pengusaha mana pun tentu mendambakan memiliki customer dalam jumlah banyak dan terus bertambah. Hal tersebut menunjukkan bahwa usaha yang dibangun mengalami perkembangan ke arah positif. Dari situ, secara otomatis laba yang diperoleh pun kian meningkat.

Hanya saja, menarik customer agar mencintai produk Anda bukanlah persoalan yang sederhana. Terlebih, di era sekarang ini persaingan di segala bidang sangatlah ketat. Dalam satu komoditas, terkadang ada belasan hingga puluhan produk yang bersaing memenangkan hati konsumen. Untuk memenangkan kompetisi tentu dibutuhkan lebih dari sekadar keberuntungan.

Langkah-langkah praktis dan strategi yang tepat untuk bersaing di pasar bebas secara sehat juga sangat dibutuhkan. Nah, berikut ini beberapa strategi yang dapat diterapkan agar customer jatuh cinta dan enggan berpaling dari produk buatan Anda. (Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Penjualan)

1. Mengemas Produk Semenarik Mungkin

50pcs-lot-9cm-23cm-6cm-bottom-kraft-paper-bags-food-bags-side-gusset-pouches-with-windowTidak dapat dipungkiri bahwa hal pertama yang dilihat customer dari sebuah produk barang adalah kemasannya. Produk yang dikemas dengan baik, unik, dan menarik pasti memberi kesan mendalam bagi konsumen.

Jika produk sudah enak dipandang, konsumen pasti tertarik untuk memilikinya. Maka, jangan anggap remeh masalah kemasan, karena hal tersebut juga berhubungan dengan kepercayaan calon pembeli.

Jika Anda mengklaim produk berkualitas tinggi, tetapi dikemas secara asal-asalan, orang-orang pasti akan mengkerutkan dahi pertanda ragu-ragu.

2. Memberi Penghargaan kepada Customer

Anda dapat memberikan potongan harga atau bonus khusus bagi customer yang mau membeli produk dalam jumlah tertentu. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kecintaan pelanggan terhadap produk sehingga mereka enggan melirik produk merek lain. Bonus atau diskon juga dapat diberikan pada momen-momen khusus, seperti hari raya, hari ulang tahun customer, dan sebagainya.

3. Mengucapkan Terima Kasih

belajar-bisnis-sudahkah-mengucapkan-terima-kasih-kepada-pelanggan-yang-datang-hari-iniHal ini mungkin terkesan sepele. Namun, ucapan terima kasih kepada customer yang baru saja membeli produk Anda akan memberi kesan khusus bagi pelanggan.

Dalam hal ini, pelanggan akan berpikir bahwa Anda bukan hanya membuat produk, tetapi berkomitmen hingga mendistribusikannya sampai ke tangan pelanggan.

Dengan demikian, pelanggan merasa tersanjung sekaligus dihargai sehingga mau menggunakan produk Anda dalam jangka panjang.

4. Tidak Kebal terhadap Kritik

Suatu ketika, customer mungkin kurang puas dengan produk Anda, entah karena kemasannya, ada kegagalan produksi, ataupun sebab-sebab lain. Dalam hal ini, bersikaplah terbuka dalam menanggapi kritik customer. Berikan komitmen kepada customer bahwa hal itu tidak akan terjadi pada kesempatan berikutnya.

Sebagai langkah terwujud, Anda dapat memberikan ganti rugi secara gratis setelah pelanggan selesai menyampaikan keluhannya. Dengan cara demikian, pelanggan akan merasa Anda betul-betul tanggap dalam merespons komplain konsumen serta berkomitmen memberikan pelayanan terbaik.

5. Memenuhi Hak-Hak Customer

236299bSelain memberikan produk berkualitas dengan pelayanan prima, jangan sampai Anda melupakan hak-hak dasar pelanggan. Berikan senyum terbaik, salam, dan tutur kata ramah saat Anda berinteraksi dengan pelanggan.

Berikan pula akses luas bagi pelanggan untuk menyampaikan kritik, saran, atau sekadar usul, misalnya melalui kotak saran, nomor telepon, website, serta akun media sosial.

Pastikan Anda memberi respons cepat terhadap setiap input yang diberikan pelanggan. Cara ini tentu akan semakin meningkatkan kesetiaan sekaligus rasa cinta customer untuk terus menggunakan produk Anda.

Itulah beberapa tips praktis yang sangat mudah Anda praktikkan sebagai seorang pengusaha. Jadi, segera terapkan strategi menarik customer agar mencintai produk Anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>