5 Strategi Ampuh Promosi Social Media
15 November 2016
Category:
Blog
Sales Views: 727
Comments: 0

5 Strategi Ampuh Promosi Social Media

Promosi social media sudah pasti membutuhkan beragam cara kreatif yang harus Anda manfaatkan agar mendapatkan target yang tepat. Akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menerapkan 5 strategi jitu promosi menggunakan social media seperti yang ada di bawah ini.

Mengadakan kuis atau kontes


Kontes menjadi salah satu strategi ampuh mempromosikan sesuatu menggunakan media sosial. Beberapa hasil dari kontes yang diadakan melalui media sosial diantaranya:

-          Mendapatkan impresi tinggi dari target market. Mengingat kontes memberikan hadiah dan tidak ada orang yang menolak mendapatkan hadiah.

-          Target konsumen untuk terlibat di dalamnya sangat tinggi. Hal ini karena mereka merasa tertarik dengan hadiah yang dibagikan.

Namun dalam mengadakan kontes Anda harus mampu menyesuaikan temanya dengan produk yang Anda tawarkan.

social_media_hands

Membagikan pengetahuan

Strategi yang tidak kalah kreatif untuk mempromosikan sesuatu menggunakan media sosial yaitu dengan membagikan informasi atau pengetahuan yang berhubungan dengan produk tersebut. Di penyebaran informasi ini jangan sembarangan memilih konten, namun sebarkan konten yang dapat mengundang reaksi berupa interaksi dari target konsumen. Terlebih lagi untuk saat ini hampir semua media sosial yang ada dapat dengan mudahnya digunakan untuk membagikan informasi atau konten seperti Twitter, Facebook, Youtube dan masih banyak lagi.

Melakukan aktivitas beriklan

Terlepas dari kedua strategi jitu di atas, promosi menggunakan media sosial dapat juga Anda siasati atau lakukan melalui iklan. Sekarang ini beberapa media sosial sudah menyediakan beragam fasilitas iklan yang akan membantu Anda sebagai pelaku bisnis dalam melakukan promosi. Seperti Facebook misalnya yang sudah menyediakan pilihan iklan CPC, sponsored stories, page like Ads hingga page post AdsFacebook.
Selain memilih layanan iklan yang sudah disediakan oleh pihak media sosial, Anda dapat menyebarkan iklan melalui sponsorship melalui akun-akun yang memiliki banyak pengikut. Dengan Anda menjadi salah satu sponsor dari akun sosial media dengan pengikut yang mencapai ribuan tersebut, sudah pasti Anda dapat memanfaatkan akun tersebut sebagai ladang penyebaran iklan atau informasi promosi bisnis yang Anda jalankan.

Menjangkau komunitas

Dapat dikatakan bahwa saat ini media sosial menjadi tempat berkumpul hampir semua orang yang ada di dunia. Bahkan tidak jarang orang-orang dengan kesamaan minat sudah membentuk suatu komunitas di media sosial yang umum disebut sebagai grup.

Manage-smart

Kehadiran komunitas dan grup di media sosial tersebut sudah pasti akan menjadi sarana yang empuk bagi para pelaku bisnis dalam mempromosikan bisnis mereka. Mungkin Anda adalah salah satunya yang memanfaatkan kesamaan minat yang juga sesuai dengan produk Anda tersebut sebagai ladang bisnis.

Pada berbagai media sosial tentu saja sudah ada komunitas dari orang-orang dengan minat tertentu. Saat ini hanya tinggal tugas utama bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk memasuki komunitas atau grup  di berbagai media sosial tersebut. Selanjutnya silahkan mulai melakukan promosi produk Anda di dalamnya.

Namun ada satu hal penting yang perlu Anda ingat, dimana melakukan promosi melalui komunitas perlu dilakukan menggunakan teknik soft selling dan bukan promosi yang dilakukan secara terang-terangan.

Memaksimalkan status atau tweet

facebookads-diagram

Ini menjadi strategi promosi media sosial yang tergolong paling sederhana yaitu menjalankan promosi melalui status atau tweet yang Anda buat di akun-akun media sosial milik Anda. Jangan menganggap ini merupakan strategi promosi yang tidak berkelas sekaligus berkesan sembarangan. Mengingat promosi yang dilakukan melalui status atau tweet dapat dikemas secara menarik dan kreatif.

Nah, apakah Anda sudah melakukan promosi social media seperti di atas?

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>