5 Langkah Manajemen Penjualan yang Baik
14 October 2016
Category:
Blog
Sales Views: 1,112
Comments: 0

5 Langkah Manajemen Penjualan yang Baik

Penjualan adalah suatu aktivitas yang dilakukan saat suatu produk sudah jadi, ada, dan setelah transaksi penjualan terjadi. Penjualan merupakan seni atau ilmu yang mempengaruhi seseorang supaya bersedia membeli jasa maupun barang yang ditawarkan. Bagian pemasaran penjualan mempunyai peran penting di dalam usaha karena secara langsung memperoleh pendapatan serta penerimaan perusahaan.

Manajemen penjualan merupakan suatu proses pengorganisasian, perencanaan, pengendalian, serta implementasi terhadap aktivitas penjualan oleh perusahaan. Kegiatan atau proses penjualan ini yang dilakukan perusahaan melalui perantara tenaga penjualan. Yang termasuk ke dalam manajemen penjualan antara lain kegiatan pemilihan, penarikan, perlengkapan, penentuan rute, supervisor, penugasan, pemotivasian serta pembayaran dari pengembangan kemampuan yang diserahkan pada tenaga penjual.

Proses Penjualan yang Biasa Dilakukan

            Di setiap proses penjualan pasti memiliki strategi dalam penetapan penjualan, dan pihak manajemen harus mengelola serta melaksanakan pelaksanaan penjualan. Kegiatan  pengelolaan  diawali perencanaan penjualan meliputi peran mendesain organisasi serta pengenalan pasar mengenai struktur organisasi penjualan, menentukan objective penjualan serta meramalkan penjualan.   Bagian manajemen waktu serta penjualan dalam penentuan tujuan harus didasarkan dari tujuan awal perusahaan di tingkat manajemen lebih tinggi. Tujuan penjualan terdiri tujuan korporasi unit bisnis, pemasaran serta penjualan hingga mencapai tujuan tenaga penjual.

Tahapan-tahapan dari Penjualan oleh Pihak Manajemen

            Manajemen penjualan memerlukan adanya tahap-tahap penjualan:

  1. Prospeksi terlebih dahulu
  2. Merencanakan proses pra penjualan
  3. Presentasi mengenai penjualan
  4. Mengatasi adanya keberatan dalam melakukan prospek
  5. Menutup penjualan

Teknik Penjualan dalam Manajemen

Teknik penjualan adalah suatu cara atau kiat khusus yang dilaksanakan oleh pihak penjual dengan tujuan meraih konsumen. Berikut lima langkah yang bisa dilakukan oleh manajemen penjualan:

-       menentukan keinginan serta kebutuhan pelanggan. Pengamatan serta penelitian sederhana dilakukan terlebih dahulu sebelum menentukan apa kebutuhan pasien. sebagai contoh, misalkan barang maupun jasa seperti apa yang diinginkan serta dibutuhkan konsumen, jumlahnya ada berapa, serta siapa yang membutuhkan, kapan diperlukan.

-       Memilih pasar sasaran khusus. Tiga jenis pasar sasaran khusus seperti berikut ini yang kami sajikan untuk Anda:

a.     pasar individual merupakan suatu pasar yang menyajikan layanan untuk individu tertentu, memenuhi kebutuhan individual. Jenis pasar cocok bagi perusahaan menengah serta perusahaan kecil.

b.    Pasar khusus merupakan pasar memberikan pelayanan khusus bagi konsumen tertentu, seperti contohnya pegawai negeri, petani, serta pedagang. Pasar khusus sangat pas dan cocok bagi perusahaan yang kecil.

c.     Pasar yang tersegmentasi merupakan pasar menyediakan pelayanan kelas untuk konsumen seperti pelanggan yang berpendapatan tinggi, berpendapatan sedang serta kelas pelanggan berpendapatan rendah. Konsumen dikelompokkan berdasarkan geografis, demografis, kelas sosial, dan faktor perilaku.

-       Menetapkan posisi pasar. Menentukan segmentasi pasar, bagi perusahaan menentukan posisi pasar diduduki segmen tersebut. Penetapan posisi pasar merupakan proses penyusunan produk di tempat yang khas, jelas, sehingga dapat memicu hasrat terhadap produk di pikiran konsumen daripada yang lain.

-       Menempatkan strategi penjualan memasuki persaingan secara sehat. Dampaknya perusahaan akan  lebih siap melakukan bauran pemasaran strategi pengelolaan perusahaan. Bauran pemasaran sendiri artinya kombinasi penawaran produk, metode promosi, penetapan harga, serta sistem distribusi pada manajemen penjualan untuk menjangkau konsumen tertentu.

-       Memilih strategi penjualan yang Terbaik. Dalam poin ini diutamakan empat macam bauran mulai produk, pemasaran, distribusi, harga, serta promosi.

Demikian penjelasan mengenai manajemen penjualan, semoga semakin memperdalam dan menambah informasi untuk Anda mengenai peningkatan penjualan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>