5 Langkah dari Sisi Psikologis untuk Meningkatkan Penjualan Online
4 February 2017
Category:
Blog
Sales Views: 451
Comments: 0

5 Langkah dari Sisi Psikologis untuk Meningkatkan Penjualan Online

Jika Anda seorang pengusaha yang memakai internet dalam berbisnis, maka Anda perlu tahu cara untuk meningkatkan penjualan online. Sebab, strategi pemasaran yang dipakai cukup berbeda dengan cara menjual secara offline. Apalagi, daya saing bisnis online terbilang sangat pesat dan bisa menumbangkan mereka yang tidak punya strategi khusus. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melalui trik psikologis.

Bagaimana caranya?

Simak langkah-langkah di bawah ini.

meningkatkan penjualan online

  • · Kontras Menampilkan Produk

Calon konsumen akan menilai produk Anda dalam hitungan detik. Jika produk yang ditampilkan tidak segera menarik dalam satu atau dua lirikan, mereka akan segera mencari produk lain.

Maka dari itu, Anda jangan ragu menampilkan produk Anda secara kontras. Dalam hal ini, Anda bisa membuat foto atau imej produk dalam ukuran besar agar bisa menarik pandangan para calon konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa menampilkan harga yang tercantum dengan warna merah. Merah dinilai sebagai warna yang mencolok dan sanggup menarik perhatian lebih cepat daripada hitam. Apalagi, kalau harga yang dicantumkan adalah harga diskon.

  • · Menampilkan Produk Secara Berkelompok

Seperti yang Anda ketahui, manusia adalah mahluk sosial dan cenderung hidup berkelompok. Hal ini bisa Anda lakukan dalam strategi pemasaran produk. Caranya pun cukup mudah dan sudah diterapkan banyak pengusaha online. Anda perlu menyiapkan bagian Produk Larisdalam homepage situs resmi produk tersebut.

Lantas, hindari penggunaan frasa reccomended item atau related product pada produk cross selling atau upsell. Anda bisa memakai frasa atau kalimat alternatif seperti Produk lain yang banyak dibeli atau Pengguna juga membeli produk ini.

  • · Terus Membuat Produk dan Inovasi Baru

choose-product-on-ebaySebuah studi menyatakan bahwa otak manusia selalu menaruh minat pada hal-hal baru. Fakta ini bisa Anda pakai untuk meningkatkan penjualan online.

Membubuhkan frasa Produk Baru atau New Relesae saja bisa langsung menarik konsumen untuk menjelajahi online shopAnda. Selain itu, Anda juga harus tetap mengeluarkan inovasi terbaru pada produk Anda.

Sebab, kalau produk yang Anda buat tampak sama atau ketinggalan zaman, kemungkinan bertambahnya konsumen pun akan makin kecil. Maka dari itu, Anda harus terus mengikuti perkembangan terkini untuk menciptakan produk yang up to date.

  • · Menciptakan Sebuah Paradoks Pilihan

Profesor Sheena Iyengar dari Universitas Columbia membuat studi dengan hasil yang mencengangkan. Iyengar telah berhasil meningkatkan penjualannya hanya dengan mengerucutkan pilihan dari 24 jenis ke 6 jenis saja. Presentasenya pun cukup besar, yakni hingga 600%. Selain itu, pilihan produk yang terlalu banyak akan membuat konsumen semakin bingung dan kemampuan analisisnya pun kian berkurang.

Alih-alih untung, Anda malah akan mendapatkan kerugian kalau terlalu banyak membuat pilihan. Maka dari itu, buat pilihan secukupnya agar konsumen tertarik dengan produk Anda.

choosing-a-product

  • · Memberi Kesan Langka pada Produk

Semakin langka sebuah barang, semakin banyak orang yang berusaha untuk mendapatkannya. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis dan bisa Anda pakai sebagai strategi pemasaran.

Namun, pastikan Anda tidak menggunakannya sebagai aksi penipuan. Pencantuman jumlah produk yang sedikit atau terkesan langka bisa disebabkan oleh produksi yang terbatas atau sebagian di antaranya sudah terjual.

Jadi, jangan pernah mencoba trik ini kalau produksi Anda sebenarnya cukup banyak. Tetap jaga kejujuran dan rasa percaya konsumen.

Semoga informasi seputar cara meningkatkan penjualan online ini bisa membantu Anda!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>