5 Hal Yang Membuat Pelanggan Nyaman Menginap Di Hotel
14 February 2018
Category:
Blog
Service Excellence Views: 331
Comments: 0

5 Hal Yang Membuat Pelanggan Nyaman Menginap Di Hotel

Nyaman Nginap Dihotel

Kehadiran tamu menjaga kelangsungan operasional sebuah hotel. Setiap hotel memiliki target untuk mampu mendatangkan tamu dan memastikan bisnis dapat beroperasi sekaligus tidak merugi. Kenyamanan bagi para tamu sangat penting untuk membawa tamu-tamu lainnya untuk berkunjung dan menginap di hotel. Meski biasanya tamu-tamu ini sering kali memiliki cara tersendiri untuk membuatnya nyaman berada di hotel, namun biasanya dengan adanya 5 hal berikut ini tamu akan merasa betah tinggal berlama-lama di hotel.

1. Pelayanan yang lebih personal

norms-of-the-good-speaker-and-listenerAdanya sebuah pelayanan prima tidak cukup untuk membuat tamu merasa nyaman. Sering kali pelayanan ini diberikan dengan cara yang kaku, formal dan membuat tamu tidak nyaman.

Tamu merasa lebih nyaman jika pegawai atau karyawan hotel memberikan pelayanan yang lebih personal. Pelayanan lebih personal yang dimaksud pada dasarnya tidaklah sulit dilakukan.

Hal-hal kecil semisal mengingat nama pelanggan akan membuat tamu lebih nyaman dan merasa dihargai. Mengerti kebutuhan kamar, penatu hingga mengirimkan makanan free service akan membuat pelanggan lebih senang dan nyaman serasa di rumah sendiri.

2. Kamar dan fasilitas yang sesuai kebutuhan

Tidak semua traveler atau pebisnis yang membutuhkan tempat menginap menginginkan kualitas hotel berbintang. Pilihan tempat menginap masing-masing orang berbeda-beda. Karena itu ketersediaan kamar dengan berbagai macam spesifikasi mampu memberikan rasa nyaman untuk pelanggan.

Tidak hanya menyediakan kamar yang mewah, namun ada kalanya tamu lebih menyukai kamar-kamar dengan konsep tradisional yang lebih hangat. Demikian pula dengan fasilitas yang diberikan. Tidak semua tamu membutuhkan kamar lengkap dengan fasilitas modern seperti komputer. Justru kamar sederhana dengan fasilitas aroma terapi kadang kala lebih disukai tamu.

3. Hotel yang bersih

Jasa-Kebersihan-Cleaning-Services-Kantor-Apartemen-Housekeeping-Hotel-Rumah-SakitSalah satu spesifikasi yang selalu diminta tamu hotel adalah bersih. Mengingat untuk merasa nyaman, tamu harus melihat langsung kondisi hotel yang bersih.

Hotel yang kotor akan membuat tamu malas datang dan tidak nyaman menginap. Kondisi hotel yang bersih tidak hanya saat berada di bagian depan atau lobi saja.

Namun semua area hotel harus bersih dan rapi sehingga tamu merasa tinggal di rumah sendiri. Kamar tidur juga harus dipastikan kebersihannya dengan mengganti seprai dan sarung bantal yang baru. Kamar mandi di dalam kamar juga harus bersih dan wangi sehingga tamu akan merasa betah beristirahat di dalam kamar.

4. Respon yang cepat

Mengingat jumlah tamu yang jumlahnya cukup banyak, pihak hotel sering kali kewalahan untuk memberikan pelayanan. Akibatnya kebutuhan dan keluhan pelanggan seringkali diacuhkan dengan respon yang lambat. Tamu tidak menyukai respon yang lambat untuk memenuhi kebutuhannya.

Untuk membuat tamu lebih nyaman, respon yang cepat sangat diperlukan. Kebutuhan tamu semisal penggantian seprai, permintaan pindah kamar atau pemesanan makanan hingga penatu yang direspon dengan cepat akan membuat tamu lebih nyaman. Demikian pula saat tamu mengeluh dan mengajukan klaim juga harus direspon dengan cepat sehingga lebih betah menginap di hotel.

5. Fasilitas free

Manajemen Dimensi Kualitas Produk Barang & JasaTidak dapat dipungkiri jika fasilitas hotel berbayar yang tersedia memberi tamu banyak kemudahan. Fasilitas yang lengkap juga membuat tamu merasa lebih nyaman seperti di rumah.

Sayangnya fasilitas ini hanya dapat dinikmati kalangan tertentu mengingat untuk mendapatkannya tarifnya sangat mahal.

Fasilitas free tanpa bayar justru membuat tamu merasa lebih dihargai dan merasa lebih dekat dengan hotel. Tidak perlu banyak, karena fasilitas sederhana seperti free wifi atau free penatu hingga free extra bed akan membuat tamu lebih nyaman terutama saat menginap bersama keluarga.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>