5 Cara Ampuh Membuat Pelanggan Datang Kembali
27 November 2015
Category:
Blog
Sales Views: 855
Comments: 0

5 Cara Ampuh Membuat Pelanggan Anda Datang Kembali

5 Cara Ampuh Membuat Pelanggan Anda Datang Kembali

5 Cara Ampuh Membuat Pelanggan Anda Datang Kembali

 

Pastinya dalam dunia bisnis, pelanggan adalah hal utama. Karena dari pelangganlah sumber pendapatan sebuah perusahaan. Dan pastinya bagi seorang pelanggan ketika datang ke sebuah tempat usaha, menginginkan kebutuhannya dapat terlayani dengan baik. Baik dari segi produk maupun dari segi pelayanannya.

Dan tentunya bagi para pebisnis, mendatangkan banyak pelanggan baru adalah sebuah keharusan agar bisnisnya terus berjalan dan berkembang. Karena itupula yang menunjukkan produk / jasa yang ditawarkan dicari dan dibutuhkan orang.

Namun tentu mencari pelanggan baru saja tidak cukup. Para pebisnis pasti berharap bagaimana para pelanggan yang sudah membeli, tetap datang kembali dan berlangganan hingga bertahun – tahun mendatang.

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi cara ampuh bagi Anda para pebisnis, agar pelanggan Anda merasa puas dan datang kembali ke tempat Anda.

 1. Berikan Kesan Yang Baik

Hal pertama yang harus dilakukan agar pelanggan Anda mau membeli dan terus datang kembali adalah dengan membuatnya senang. Buatlah kesan yang baik, yaitu dengan memberikan sapaan hangat dan juga senyuman terbaik yang membuat pelanggan Anda merasa nyaman ketika datang ke tempat usaha Anda. Dan buatlah kesan bahwa kehadiran Anda disana siap menolong dan siap membantu pelanggan Anda untuk mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

 2. Jadikan Pelanggan Anda sebagai Raja

Dalam hal ini posisikanlah pelanggan Anda adalah Raja, dan diri Anda sebagai pelayan yang siap membantu dan memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Anda harus menjadi pendengar yang baik, untuk memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan Anda. Lalu berikanlah solusi terbaik atas apa yang dibutuhkan pelanggan Anda.

 3. Berikan Nilai Tambah

Tentunya pelanggan Anda akan senang ketika mereka bukan sekedar mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Namun lebih dari itu. Berilah nilai tambah seperti memberikan bonus minuman, ataupun bisa berupa barang, bingkisan, atau bisa juga potongan harga dan voucher diskon bagi orang yang pernah datang lebih dari sekali ke tempat Anda, atau bagi yang belanja dalam jumlah banyak.

Tentunya nilai tambah tersebut adalah sesuatu yang melebihi dari harapan pelanggan Anda, sehingga mereka akan selalu ingat dan cenderung akan kembali lagi ketempat Anda.

 4. Sebutkan Nama & Ucapan Terima Kasih

Salah satu kata yang paling berharga bagi seseorang adalah Jika disebutkan namanya dan ucapan terima kasih. Akan lebih baik jika bisa mencatat dan mengingat nama – nama pelanggan yang pernah datang ketempat Anda. Terutama pelanggan yang pernah datang lebih dari sekali.

Ucapkanlah terima kasih yang tulus, dan sebutkan namanya. Pelanggan akan merasa lebih dihargai dan tentunya akan menyimpan kesan yang positif dan merasa nyaman ketika mereka membeli ditempat Anda.

 5. Ingat Hari Ulang Tahunnya & Berikan Ucapan Selamat

Tentunya pelanggan akan merasa sangat senang ketika di hari ulang tahunnya ada sms, telepon, email, atau juga kartu ucapan selamat kepada dirinya atau ucapan selamat melalui media sosial seperti Facebook, Twitter,dll.

Maka penting bagi Anda memiliki database hari ulang tahun pelanggan Anda dan mengucapkan selamat di hari ulang tahunnya, atau di hari – hari penting lainnya. Yang tentunya dapat membangun hubungan kedekatan dan juga hubungan emosional dengan pelanggan Anda. Sehingga mereka tidak akan berpaling ke lain hati, dan selalu menjadi pelanggan setia Anda.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>