4 Urgensi Materi Training Komunikasi
1 May 2012
Category:
Blog
Communication Views: 4,106
Comments: 0

4 Urgensi Materi Training Komunikasi

training komunikasiTraining komunikasi adalah suatu bentuk program pelatihan yang dilakukan dengan tujuan untuk memahami prinsip dasar manusia dalam berkomunikasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Menjadi orang yang dipercaya dan disenangi adalah dua hal yang menjadi tujuan setiap training komunikasi.

Jika lawan bicara Anda senang dan percaya kepada Anda, maka komunikasi Anda dengan dia akan lancar. Begitu pula sebaliknya. Dan dalam dunia bisnis, kedua hal ini ibarat pintu pembuka bagi anda untuk melakukan penawaran dan transaksi pada lawan bicara. Jika calon klien anda senang dan percaya pada anda, maka langkah pertama untuk membuka penawaran atau memasarkan produk sudah selesai anda lakukan dengan sukses.

Menurut salah satu pakar, saat orang berkomunikasi, pengaruh bahasa/isi/struktur kalimat mendapat porsi 7%, sementara 93% nya dipengaruhi oleh komunikasi non verbal, yaitu intonasi/dinamika suara dan bahasa tubuh. Sementara mungkin selama ini banyak sekali training komunikasi yang mengajarkan tentang apa yang harus diucapkan saat presentasi, bagaimana kalimat negosiasi dsb, padahal isi/bahasa ucapan hanya berdampak 7% saja bagi lawan bicara anda.

Jika anda ingin mengadakan training komunikasi, ada baiknya beberapa materi pelatihan nanti mencakup poin-poin sebagai berikut :

1. Mengenali Tipe dan Gaya Komunikasi

Semakin anda paham dan mengenali tipe serta gaya komunikasi orang lain, diharapkan anda dapat menyesuaikan diri dengan lawan bicara agar ia senang dan percaya pada anda. Antusiasme lawan bicara adalah salah satu ciri bahwa anda telah berhasil mengenali dan memahami gaya komunikasi lawan bicara.

2. Melatih Pengendalian Hati dan Pikiran Saat Berkomunikasi

Himpitan persoalan, perasaan dan pikiran, pasti akan mempengaruhi cara anda berkomunikasi. Dengan melakukan latihan rutin mengontrol lisan agar tetap positif di saat sulit, pendewasaan diri dan pengendalian perasaan juga akan ikut terlatih. Apapun yang sudah terjadi, komunikasi harus tetap berlangsung baik dan terarah.

3. Perkaya Kosa Kata dengan Kata-kata Yang Menghipnotis

Gunakanlah bahasa yang disesuaikan dengan lawan bicara anda. Tambahkan dengan kata-kata yang mampu membuat lawan anda terkejut dan kagum tapi tidak usah terlalu sering. Diksi yang tepat dan menarik juga akan membuat lawan bicara menjadi penasaran dan akhirnya melanjutkan komunikasi dengan anda.

4. Maksimalkan Komunikasi Non Verbal

Intonasi dan dinamika suara punya pengaruh besar dalam cara kita berkomunikasi. Intonasi yang tidak tepat hampir bisa dipastikan akan menyebabkan kegagalan komunikasi. Bedakanla dengan jelas, intonasi untuk bertanya, memerintah maupun untuk sekedar menyatakan sesuatu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>