4 Tips Menggunakan Gambar dalam Desain Slide Presentasi
11 February 2017
Category:
Blog
Communication Views: 303
Comments: 0

4 Tips Menggunakan Gambar dalam Desain Slide Presentasi

Tips menggunakan gambar dalam desain slide presentasi perlu Anda ketahui jika ingin presentasi Anda sukses. Sebab, penggunaan gambar dalam slide sangat menentukan keberhasilan sebuah presentasi. Bagi kebanyakan orang, mendengarkan presentasi adalah sesuatu yang membosankan.

Hal ini terutama disebabkan oleh kegagalan sang presentator dalam menampilkan slide presentasi yang menarik. Sebagian presentator terjebak untuk meng-copy paste atau meringkas materi yang disampaikan dalam bentuk teks. Padahal, penggunaan gambar sangat penting agar fokus dan perhatian audiens tetap terjaga sepanjang presentasi. Anda mungkin bertanya, bagaimana cara menggunakan gambar dalam slide presentasi secara efektif ?

contoh-slide-presentasi-powerpointDalam hal ini, patut dipahami bahwa slide presentasi yang seluruhnya berbentuk teks akan membuat audiens malas memperhatikan, bahkan tertidur pulas.

Sebaliknya, presentasi yang dipenuhi gambar atau animasi dapat membuat audiens tidak menangkap intisari materi. Jadi, penggunaan gambar memang perlu diatur sedemikian rupa agar tujuan presentasi dapat tercapai.

Untuk memberikan dampak yang kuat pada slide presentasi, Anda perlu mengoptimalkan penggunaan gambar. Maksudnya, bukan menggunakan gambar sebanyak-banyaknya, tetapi gambar yang ditampilkan diatur sedemikian rupa agar menghasilkan kesan dan ingatan mendalam di benak audiens. Adapun teknik yang dapat Anda terapkan adalah seperti berikut :

1. Menggunakan Gambar Berkualitas Tinggi dari Website Penyedia Gambar Gratis

Untuk mendapatkan gambar berkualitas, Anda dapat men-download dari website penyedia gambar gratis. Dalam hal ini, ada banyak website terkenal yang dapat Anda kunjungi. Biasanya, gambar-gambar pada website tersebut dapat diunduh dengan mudah setelah Anda mendaftarkan diri.

2. Mengmbil Gambar dengan Kamera atau Smartphone Pribadi

samsung-galaxy-s6-ui-kameraSetidaknya, ada dua keuntungan menggunakan gambar hasil jepretan sendiri untuk slide presentasi. Pertama, Anda dapat memperoleh gambar sesuai materi presentasi.

Kedua, hasil gambar dari kamera atau smartphone sendiri biasanya lebih alami sehingga memberi pengaruh lebih kuat di dalam menyampaikan pesan.

Namun, jika menggunakan cara ini, Anda perlu menguasai teknik dasar pengambilan gambar yang baik, fokus, serta hasil gambar tidak pecah atau buram. Jenis kamera atau smartphone Anda juga harus mumpuni walau tidak perlu mahal.

3. Tempatkan dan Padukan Gambar dengan Teks secara Tepat

Jika suatu slide menggunakan gambar maka teks sebaiknya dibuat ringkas. Perpaduan gambar dengan teks secara tepat akan memvisualisasikan pernyataan yang cepat ditangkap oleh audiens. Sebagai contoh, suatu slide terdiri atas gambar tokoh dan teks berupa petikan atau kalimat langsung. Gambar dan teks sebaiknya dibuat saling berhadapan sehingga menunjukkan kesan bahwa pernyataan disampaikan oleh sang tokoh.

Anda juga dapat menggunakan kaidah the rule of thirds, yakni menempatkan elemen grafis utama (objek paling menonjol) di sepanjang garis yang membagi gambar menjadi tiga bagian. Pada bagian slide yang kosong, Anda dapat menempatkan teks ringkas. Hal ini akan menjadikan slide presentasi Anda lebih elegan dan mengesankan secara visual.

4. Mengubah Bentuk Gambar dari Kotak Menjadi Bulat atau Bentuk-Bentuk Lain

88Jika gambar yang ditampilkan dalam slide presentasi selalu berbentuk kotak maka hal itu tentu membuat mata audiens kurang fokus. Anda dapat menyiasati dengan mengubah bentuk gambar menjadi bulat, lonjong, atau bentuk-bentuk lain.

Sesuaikan bentuk gambar dengan poin-poin yang disampaikan. Pastikan perubahan bentuk tidak menurunkan kualitas gambar. Anda tidak perlu menggunakan program yang rumit karena perubahan bentuk gambar dapat dilakukan dengan mudah.

Presentasi yang menarik dan berkesan adalah harapan semua pihak, baik presentator maupun audiens. Jadi, jangan abaikan tips menggunakan gambar dalam desain slide presentasi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>