4 Strategi Penjualan bagi Pemula
20 October 2016
Category:
Blog
Sales Views: 653
Comments: 0

4 Strategi Penjualan bagi Pemula

Strategi penjualan adalah bagian terpenting dalam sebuah bisnis. Ketika seseorang menjalankan sebuah bisnis, yang harus dilakukan selain menciptakan produk baru adalah dengan menyusun strategi pemasaran sehingga produk tersebut dapat laku dipasar. Meski sebuah produk memiliki manfaat yang baik bagi masyarakat tapi jika tidak dipasarkan dengan baik maka tidak banyak orang yang bisa mengetahui keberadaannya.

Dalam dunia bisnis kualitas produk dan juga strategi pemasaran harus seimbang sehingga bisa diperoleh sebuah bisnis yang matang dan berkembang. Jika anda sudah bisa menciptakan produk yang berkualitas tapi masih bingung cara memasarkannya, maka anda bisa mencoba 4 strategi penjualan berikut ini untuk meningkatkan penjualan produk anda.

Survey konsumen

Consumer-Survey-SecretKetika anda akan membuat produk tentunya anda harus mampu melakukan survey konsumen. Survey konsumen ini adalah salah satu cara untuk mengenali konsumen sehingga produk anda bisa tepat guna. Jika anda belum memiliki pasar untuk melakukan penjualan produk sebelum membuatnya maka hal ini bisa anda lakukan setelah membangun produk.

Ketika anda sudah melihat produk yang anda buat tentukan siapa yang cocok untuk anda bidik sebagai target pasar anda. Hal ini penting supaya promosi yang anda lakukan bisa sesuai dengan produk yang anda gunakan. Misalnya anda membuat daster maka pemasaran yang tepat adalah dengan datang ke arisan ibu ibu PKK untuk melakukan penawaran produk.

Promosi yang tepat

Strategi penjualan yang selanjutnya adalah melakukan promosi dengan cara yang tepat. Tepat yang dimaskud adalah dapat menarik perhatian konsumen. Perusahaan dan pebisnis yang melakukan menggunakan produk yang serupa tentu saja sudah banyak oleh karena itu promosi yang anda lakukan harus mencolok dan menarik. Mencolok, menarik ini tidak selalu dengan memberi diskon tapi bisa dilakukan dengan cara yang unik tergantung dengan kreatifitas anda.

Selain unik anda juga harus mengerti bahwa sebuah produk akan dikenal jika anda bisa melakukan pengiklanan secara terus menerus. Pengiklanan secara terus menerus ini akan membuat publik semakin familiar dengan produk anda sehingga mereka semakin percaya dengan eksistensi perusahaan anda.

Menggunakan teknologi terbaru

online-marketingBagi anda yang ingin melakukan sebuah promosi dan ingin promosi anda berhasil, baiknya anda mulai belajar teknologi terutama internet. Internet merupakan salah satu Strategi penjualan yang memiliki pengaruh yang besar dalam sebuah promosi. Dengan menggunakan internet, produk anda bisa dilihat dari seluruh Indonesia bahkan dunia dengan biaya yang tidak mahal. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tagihan internet anda. Selain itu anda bisa melakukan promosi seluas-luasnya dengan menggunakan internet.

Menjaga relasi dengan konsumen

Strategi penjualan selanjutnya adalah memanfaatkan hubungan personal anda dengan konsumen. Jika bisa, anda harus menjaga hubungan anda dengan konsumen. Jika anda yakin dengan kualitas dari produk yang anda buat, maka tidak perlu khawatir lagi jika produk yang anda jual nantinya mengecewakan. Jadi anda bisa lebih percaya diri ketika berhubungan dengan konsumen anda. Dalam hubungan ini konsumen dan produsen sama-sama diuntungkan. Konsumen akan lebih mudah melakukan pemesanan karena berhubungan langsung dan telah dianggap sebagai langganan sedangkan anda membutuhkan konsumen dengan potensi pembelian yang akan memberikan anda keuntungan. Hubungan dengan konsumen ini adalah salah satu Strategi penjualan utama dalam kesuksesan bisnis. Pemeliharaan konsumen ini harus anda lakukan dengan baik terutama konsumen dengan potensi pembelian yang tinggi.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>