4 Langkah Meningkatkan Kualitas Percakapan
18 November 2013
Category:
Blog
Communication Views: 2,614
Comments: 0

4 Langkah Meningkatkan Kualitas Percakapan

Kita sudah melakukan percakapan / komunikasi lisan bahkan sejak kita sebelum masuk sekolah. Keahlian komunikasi yang dibangun dalam sebuah percakapan akan membedakan kualitas seseorang. Seorang publik figure mudah dalam 1 menit saja bisa membangun percakapan yang berkualitas dengan orang yang baru dia kenal.

200303-omag-story-600x411

Berikut ada 4 langkah untuk meningkatkan kualitas percakapan :

1. Mengetahui ALASAN kenapa melakukan percakapan

Saat berbicara dengan keluarga atau teman, tentu alasannya lebih sederhana.  Mungkin hanya untuk sekedar bersenda gurau atau berbagi cerita

Dalam hubungan bisnis, selalu ada agenda tertentu atau target yang ingin dicapai. Apakah untuk menjelaskan tentang produk atau pernawaran Anda, atau untuk follow up penawaran sebelumnya, untuk negosisasi atau untuk menyakinkan pelanggan untuk order barang lagi.

 

2. Mengabaikan “monkey mind

Monyet suka melompat dari satu pohon ke pohon lain. Begitu juga pikiran manusia. Kadang saat melakukan percakapan,  kita berpikir :

“ apa yang dia pikirkan tentang saya “

“ berhasil ga aku melakukan penjualan “

“ waduh , jangan – jangan dia sudah pernah dengar dari competitor “

suara – suara di dalam pikiran kita kadang mengganggu kita untuk fokus dengan target dari percakapan kita dengan orang lain.

Mulai sekarang stop pikiran negative Anda…saat ada orang lain di hadapan Anda, fokus lah hanya mendengarkan dan menatap orang yang ada di depan Anda. Suruh “monkey mind” anda untuk istirahat dulu, atau ikat dulu di kandangnya. Heheh

3. Konfirmasi

Kadang kita menerjemahkan kalimat orang dengan persepsi yang berbdea dengan yang dia maksudkan. Misalnya ketika dia bilang : “ makanannya enak sekali “. . pikiran Anda bisa saja menggambarkan ayam bakar atau seafood favorit Anda. Namun ternyata ketika orang tersebut melanjutkan pembicaraan, ternyata dia sedang bicara tentang mie goreng.

 

4. Berpikir dan merespon

Saat orang berbicara, dengarkan dengan pikiran Anda dan respon dengan suara Anda. Berikan perhatian 100% pada orang di depan Anda. Respon partner bicara Anda, dengan cara mengulang kata – kata yang dia sampaikan tadi.

  • Ulang kata – katanya dengan kata yang sama
  • Jangan potong pembicaraan dia
  • Anggukkan kepala Anda saat dia berbicara
  •  Tatap matanya saat berbicara sambil fokus 100%

Selamat mencoba

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>