4 Langkah Jitu Melakukan Teknik Closing
21 April 2016
Category:
Blog
Sales Views: 1,731
Comments: 0

4 Langkah Jitu Melakukan Teknik Closing

Teknik closing merupakan salah satu hal penting dalam pemasaran produk karena ini akan berpengaruh pada berhasil tidaknya pemilik usaha dalam menjual produknya. Kegiatan penjualan produk terdiri dari beberapa tahap, dan closing merupakan tahapan terakhir untuk meyakinkan para pelanggan. Jika closing yang dilakukan efektif, anda akan berhasil menarik perhatian pelanggan untuk menggunakan produk anda. Namun, jika anda tak bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, anda bisa kehilangan pelanggan. Closing menjadi salah satu bagian tersulit dalam proses penjualan produk.

Hal ini karena bagian ini adalah puncak dari keseluruhan presentsi pemasaran produk. Mencari cara yang efektif untuk menyampaikan penawaran produk sangat penting untuk dilakukan sehingga maksudnya bisa tersampaikan dengan sempurna pada pelanggan. Karena banyaknya orang yang mengalami kegagalan dalam proses ini, maka ada beberapa teknik jitu yang bisa digunakan untuk membuat closing yang efektif.

Tidak perlu meminta

rifiuto_bTeknik ini bisa dilakukan jika produk yang anda tawarkan memiliki kualitas yang tinggi. Meskipun kesannya anda tidak melakukan apa-apa dalam teknik ini, namun teknik ini terbukti paling jitu dalam menarik pelanggan.

Yang perlu anda lakukan sebagai pemasar produk hanya diam dan menunggu sampai ada pelanggan yang mengatakan tertarik pada produk yang anda tawarkan.

Oleh karena itu, sebelum menawarkan produk dengan cara ini, anda harus menciptakan produk yang benar-benar berbeda dan benar-benar menarik banyak orang. Produk tersebut juga harus memiliki prestasi dan reputasi yang cemerlang.

Menanyakan pada  pelanggan

Strategi ini cukup umum digunakan dalam teknik closing terutama selama proses tanya jawab. Setelah presentasi selesai dilakukan, lihatlah ketertarikan pelanggan pada produk anda. Hal ini bisa dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka berikan berkenaan dengan produk tersebut. Jawablah semua pertanyaan mereka dalam sesi tanya jawab dengan tepat. Setelah itu, anda bisa bertanya kepada mereka tentang ketertarikan mereka pada produk yang anda tawarkan. Selain bertanya secara langsung, anda juga bisa memanfaatkan formulir untuk mengetahuinya. Caranya adalah dengan meminta mereka untuk mengisi formulir tersebut setelah presentasi.

Menawarkan pilihan

12Memberikan beberapa pilihan pada calon pelanggan juga merupakan salah satu strategi dalam closing. Tak perlu menawarkan banyak pilihan, namun berikan saja beberapa pilihan yang efektif.

Jelaskan lebih detail tentang masing-masing jenis pilihan beserta kelemahan dan kelebihannya. Buatlah mereka merasa percaya dengan pilihan yang mereka inginkan tanpa ikut campur.

Mereka memiliki hak untuk menentukan pilihan sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Dengan strategi ini, calon pelanggan tidak akan merasa terpaksa untuk membeli produk yang ditawarkan dan mau membeli dengan sendirinya.

Menentukan batas waktu

Kita tak perlu terburu-buru meminta para calon pelanggan untuk membeli produk yang kita tawarkan setelah kita menyelesaikan presentasi. Biasanya tak semua orang langsung bisa memutuskan apakah mereka harus membeli produk atau tidak. Jadi, jangan memaksa mereka untuk memutuskan ketika mereka sedang bingung. Berilah mereka waktu untuk berpikir agar mereka bisa memberikan keputusan dengan mantap. Selain memberikan jangka waktu untuk berpikir, anda juga harus memberi tahu tentang batas waktu penawaran. Informasikan juga hal-hal penting yang menyangkut dengan promosi produk seperti pemberian potongan harga atau bahkan kapan terjadi kenaikan harga. Dalam teknik closing, anda juga harus membantu calon pelanggan untuk membangun kepercayaan terhadap produk. Hal ini bisa dilakukan, menyampaikan presentasi yang jujur terlebih tentang keuntungan dan kekurangan produk serta apa yang bisa didapatkan dari produk tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>