4 Langkah Customer Service Dalam Meningkatkan Penjualan Perusahaan
31 October 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,055
Comments: 0

4 Langkah Customer Service Dalam Meningkatkan Penjualan Perusahaan

Dulu customer service memiliki fungsi sebagai pusat dari layanan informasi perusahaan yang menjembatani pihak pelanggan. Namun kini, peran tersebut justru beralih fungsi menjadi sales force. Pasalnya banyak pula survey yang menyatakan jika hubungan yang terjalin dengan baik antara pihak pelanggan dengan penjual atau pemberi layanan maka akan memberikan tingkat keberhasilan yang jauh lebih besar pula.

Customer service pada dasarnya memiliki tanggung jawab terhadap bentuk masalah dari produk perusahaan yang seringkali dikeluhkan oleh pihak pelanggan. Selain itu, ia juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan layanan informasi mengenai setiap bentuk produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Dengan bentuk informasi yang detail, maka penjualan pun akan lebih meningkat, dan mampu menarik pelanggan dengan lebih mudah. Berikut ini 4 langkah yang seringkali dilakukan olreh pihak layanan dalam meningkatakan penjualan seperti yang disebutkan di atas tadi, diantaranya adalah :

1. Menggali kebutuhan pelanggan

3 Hal Dasar Training Customer Service yang Harus Dikuasai

Setiap pelanggan tentunya memiliki tingkat kebutuhan akan produk yang berbeda-beda. Karena itulah, dalam memberikan pelayanan terbaik sebaiknya pihak customer service menggali lebih dalam mengenai kebutuhan yang dimiliki oleh pelanggan. Sehingga layanan yang diberikan pun dapat lebih tepat dan membuat pelanggan merasa puas. Penggalian informasi kebutuhan ini dapat dilakukan melalui komunikasi, baik itu secara langsung/ tatap muka atau bahkan komunikasi yang dilakukan melalui media lain, seperti halnya telp, chatting atau bahkan sms.

2. Merekomendasikan produk

Jika pada bagian di atas, customer service diwajibkan untuk mengetahui tingkat kebutuhan pelanggan terlebih dahulu. Maka untuk langkah selanjutnya yang wajib dilakukan adalah merekomendasikan produk layanan yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan keuntungan yang mungkin di dapat perusahaan saja, namun pastikanalah agar rekomendasi produk yang Anda lakukan memang sesuai dengan kebutuhan yang dimilikinya. Selain itu dalam memberikan rekomendasi, gunakanlah beberapa pilihan, namun berikan pula solusi rekomendasi yang paling tepat, sehingga pelanggan tidak bingung dalam memilihnya. Kemudian berikan pula penjelasan mengenai alasan tepat untuk memilih produk yang Anda rekomendasikan tersebut dengan teliti

3. Diskon

Adakah orang yang tidak menyukai diskon? Ya, diskon pada dasarnya menjadi salah satu daya tarik utama bagi seseorang dalam memilih produk tertentu. Karena itulah pemberian diskon, baik itu dalam bentuk kode kupon atau bahkan jenis diskon lainnya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pihak pelanggan. Selain itu diskon juga dapat menjadikan pelanggan potensial yang sebelumnya tidak memiliki rencana untuk membeli produk yang Anda tawarkan menjadi berpotensi untuk membelinya. Hal ini nampak jelas melalui pertimbangan yang dilakukan oleh pelanggan, ketika mengetahui bahwa produk tersebut memiliki diskon yang cukup menarik.

4. Membantu proses order yang dilakukan pelanggan

Pelayanan Prima untuk Mendapatkan Pelanggan Sejati

Setelah beberapa langkah di bagian atas berjalan dengan lancar, maka hal selanjutnya yang dapat dilakukan oleh seorang customer service adalah memberikan bantuan untuk order yang dilakukannya. Sehingga pelanggan akan merasa lebih mudah dan nyaman dalam melakukan proses order tersebut, karena biasanya berkomunikasi dengan pihak layanan menjadi cara yang paling sering dilakukan oleh para pelanggan.

Untuk perusahaan yang ingin mewujudkan kriteria customer service seperti yang disebutkan dalam beberapa langkah di bagian atas tadi, sebaiknya perusahaan tersebut melakukan 5 langkah tepat di bagian bawah ini :

a. Perekrutan yang tepat

Merekrut pekerja yang tepat menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, utamanya dalam meningkatkan kualitas serta menjaga kepuasan konsumen dengan lebih baik.

b. Pentingnya pelatihan

Pelatihan juga menjadi pokok penting dalam membentuk karakter pemberi layanan terbaik, sehingga kualitas layanan yang diberikan olehnya pun pada pelanggan akan memuaskan

c. Gaji yang setara

Gaji juga sangat penting untuk diperhatikan, berikanlah gaji dengan nominal yang sesuai dengan tugas customer service. Karena gaji dapat memotivasi seseorang untuk meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>