4 Jurus Ampuh Mencapai Target Penjualan
30 November 2015
Category:
Blog
Sales Views: 1,400
Comments: 0

4 Jurus Ampuh Mencapai Target Penjualan

4 JURUS AMPUH MENCAPAI TARGET PENJUALAN

Tahun 2016 sudah didepan mata, tentunya para pelaku bisnis sudah dipusingkan bagaimana menyusun strategi penjualan agar di tahun 2016 angka penjualan semakin meningkat dan mampu bersaing dengan kompetitor. Dan tentunya para pelaku sales akan dihadapkan dengan target baru di tahun 2016 yang tentunya akan semakin menantang.

Lalu bagaimanakah agar para sales dapat mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan perusahaan, berikut merupakan jurus ampuh yang dapat dilakukan oleh para tim sales untuk mencapai target penjualannya.

 1.      Buat Tujuan Yang Jelas & Perencanaan Yang Matang

Kalau untuk naik taksi saja memerlukan tujuan yang jelas agar sampai di tujuan, apalagi dalam hidup dan pekerjaan. Tentunya dengan adanya tujuan dan target yang jelas, akan memudahkan dan mempercepat seseorang untuk meraih tujuannya. Dalam hal ini, sebagai sales milikilah tujuan yang jelas beserta perencanaan yang matang.

Tujuan tentu sudah jelas, misalnya angka penjualan harus mencapai omset tertentu yang sudah ditetapkan perusahaan. Namun kebanyakan para sales tidak memiliki perencanaan yang matang bagaimana caranya agar mencapai target atau tujuan tersebut. Sehingga hasil akhirnya, banyak sales yang tidak mencapai target yang sudah ditetapkan perusahaan.

Buatlah perencanaan yang matang dan Action Plan dengan membuat rencana dari aktivitas penjualan Anda, dimulai dari membuat daftar database prospek, menetapkan jumlah prospek Anda, menetapkan jumlah buat janji bertemu dengan prospek, Jumlah presentasi hingga target closing. Buatlah  dalam skala harian, mingguan dan bulanan untuk mempermudah mengukur efektivitas kinerja Anda.

 2.      Perbanyak Jumlah Prospek Target Market Anda

Setelah membuat rencana dan Action plan, maka perbanyak jumlah prospek Anda. Anda dapat memperbanyak jumlah target market tersebut dengan menggunakan biodata database dari nomor kontak di HP Anda, database referensi dari perusahaan, mencari dari media internet, social media, lingkungan kerja, lingkup aktivitas, komunitas, dll.

Dan pastikan prospek yang ada, adalah hasil seleksi dari orang-orang yang sesuai dengan segmentasi, targeting dan positioning dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

3.      Perbanyak Jumlah Presentasi & Aktivitas Penjualan

 Tentunya dari database yang Anda miliki, buatlah sebanyak mungkin aktivitas penjualan mulai dari membuat janji, melakukan presentasi produk / jasa hingga proses follow up kepada prospek Anda. Lakukan aktivitas penjualan sebanyak mungkin seperti yang sudah Anda rencanakan dan targetkan di awal, baik dari skala harian, mingguan sampai bulanan.

Semakin Anda memperbanyak melakukan aktivitas penjualan, akan semakin besar peluang untuk prospek membeli produk / jasa Anda. Dan lakukanlah aktivitas penjualan tersebut konsisten sesuai dengan apa yang sudah Anda rencanakan.

 4.      Terus Belajar & Berkembang

Terus belajar dengan terus mengasah kapak Anda agar tetap tajam. Asah terus communication skill, Product Knowledge, dan Selling skill Anda. Terus belajar dari siapapun, dimanapun dan kapanpun. Anda dapat belajar dari training yang diadakan di perusahaan Anda atau mencari sendiri training di luar yang akan menambah skill Anda,  juga bisa belajar dari sahabat, senior Anda, atau komunitas dan orang-orang yang sudah lebih berpengalaman dari Anda.

 

Semakin Anda mengasah kemampuan Anda dan juga memperbanyak pengalaman dan jam terbang, maka akan semakin mahir dan expert Anda dalam bidang penjualan. Dan tentunya target penjualan akan semakin mudah Anda capai, bahkan Anda mampu melebihi target penjualan yang sudah ditetapkan.

 

Selamat mengaplikasikan jurus-jurus tersebut dalam aktivitas penjualan Anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>