4 Cara Meningkatkan Kualitas Tim Service Excellence
22 November 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 78
Comments: 0

4 Cara Meningkatkan Kualitas Tim Service Excellence

Pernahkah Anda merasa kecewa karena mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan ketika berbelanja atau makan di restoran? Tentu tidak menyenangkan, bukan? Pelayanan yang tidak prima seperti inilah yang harus dihindari ketika Anda membuka bisnis sendiri. Berikut kami rangkumkan 4 cara meningkatkan kualitas tim service excellence agar pelanggan Anda tidak merasa dikecewakan.

1.  Membangun hubungan baik dengan staff Anda

como-ser-um-vendedor-de-sucessoSebagai atasan, hendaknya Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan para karyawan Anda. Hal ini merupakan langkah awal sebelum Anda mempersiapkan staff Anda untuk menjadi sebuah tim yang memiliki kemampuan melayani tamu dengan baik.

Banyak staff terlatih dan potensial yang akhirnya memilih keluar dari perusahaan hanya karena merasa tidak puas dengan reward yang diterimanya atau merasa kerja kerasnya tidak dihargai.

Mundurnya staff berkualitas dari perusahaan tentunya akan merugikan perusahaan itu sendiri, oleh karena itu, cobalah untuk menjaga agar karyawan Anda tetap betah dan senang bekerja untuk Anda, sehingga mereka juga akan merasa nyaman dan senang dalam melayani pelanggan.

Membangun kedekatan dengan karyawan Anda juga menjadikan mereka tidak sungkan untuk menyampaikan keluhan dari pelanggan serta saran yang membangun terkait dengan keluhan tersebut. Hal ini akan semakin mempermudah Anda untuk mengetahui apa yang sehari-hari dihadapi oleh karyawan ketika bekerja, bagaimana respon dari pelanggan, bagaimana menjaga kepuasan pelanggan, serta bagaimana cara mengatasi keluhan dari pelanggan yang tidak puas.

2. Melatih kemampuan tim untuk berinteraksi yang baik dengan pelanggan

PaperworkKemampuan interaksi yang baik mencakup berbagai macam hal, misalnya kemampuan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, kemampuan menggunakan bahasa yang positif,

kemampuan membuat pelanggan nyaman, serta kemampuan untuk membuat pelanggan terpengaruh dan tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Selain itu, dalam interaksi dengan pelanggan, terkadang terdapat hal yang tidak terduga seperti komplain sering terjadi. Hal semacam ini perlu untuk ditangani secara cepat, agar pelanggan merasa bahwa mereka memang didengarkan keluhannya dan diutamakan kepuasannya. Oleh karena itu, seorang staff harus dengan sigap menentukan langkah yang harus diambil untuk menyelesaikan masalah atau mengatasi komplain yang diajukan oleh pelanggan.

3. Memastikan tim menguasai produk yang ditawarkan dengan baik

Staff service excellence haruslah mengetahui produk atau jasa yang dijual, dimulai dari manfaat, cara menggunakan, kelebihan dan kekurangan, dan lain sebagainya. Kemampuan untuk menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan terkait produk yang ditawarkan, akan membuat pelanggan merasa puas dan yakin untuk membeli barang atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan.

Apabila seorang staff tidak bisa memberikan penjelasan yang memuaskan tentang suatu produk ketika ditanya oleh pelanggan, bagaimana mungkin dia akan mampu mempengaruhi pelanggan untuk menggunakan produk tersebut?

4. Melatih kemampuan membaca pelanggan

Manajemen Dimensi Kualitas Produk Barang & JasaKepuasan pelanggan tidak hanya berhubungan dengan kualitas barang atau jasa yang mereka beli, namun juga berkaitan erat dengan pelayanan yang mereka terima.

Seorang staff akan mampu melayani pelanggan dengan tepat dan baik apabila dia mampu membaca siapa pelanggan yang sedang ia ajak bicara. Apakah pelanggan tersebut lebih nyaman apabila diberi penjelasan panjang lebar tentang suatu produk, atau mungkin lebih suka apabila mereka dibiarkan memilih sendiri dengan tenang dan hanya diberikan penjelasan apabila mereka bertanya ?

Apakah mereka tipe yang dengan cepat dapat menentukan pilihan, ataukah tipe yang membutuhkan bantuan dan penjelasan untuk memilih produk yang ditawarkan? Dengan mengetahui tipe pelanggan, staff service excellence akan lebih mudah menentukan langkah yang tepat untuk membuat pelanggan merasa puas.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>