4 Cara membangun tim yang solid
3 November 2017
Category:
Blog
Sales Views: 61
Comments: 0

4 Cara membangun tim yang solid

cara membangun tim sales yang solid memang tidak bisa dianggap mudah. Di dalam satu tim tentunya ada banyak sekali anggota tim yang dengan pola pikir dan kemampuan yang berbeda. Membuatnya untuk menjadi sebuah kesatuan yang solid memang tidak semudah mengumpulkan melatih baris berbaris, karena yang disatukan disini bukan hanya sekedar fisik melainkan visi dan misi juga termasuk di dalamnya.

Secara sederhana, sales memiliki arti penjualan. Lalu selanjutnya tim sales diartikan sebagai tim penjualan. Tim penjualan yang solid akan membuat dampak yang sangat  baik kepada profit perusahaan. Karena tidak dapat dipungkiri, sales merupakan tombak utama sebuah perusahaan. Perusahaan tidak akan hidup jika kegiatan penjualannya tidak berjalan. Oleh karena itu, sangat penting sekali membangun tim sales yang solid demi kemajuan perusahaan.

Cara membangun tim yang solid

Berikut ini adalah cara-cara untuk membangun tim yang sales yang solid :

1. Mengetahui potensi anggota tim

196298-OYBWL1-594

Jika tim yang baru dibangun merupakan tim yang memang benar-benar baru akan dibentuk, Anda bisa memilih untuk merekrut orang-orang yang memang menurut Anda berkompeten.

Namun lain halnya jika Anda adalah leader baru sebagai pengganti dari leader lama, Anda tidak dapat memilih anggota tim karena sudah ada anggota tim dari leader lama.

Jika demikian, Anda harus mengetahui potensi masing-masing anggota dan menempatkan pada posisi yang tepat. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki potensi yang berbeda.

2. Tim leader bukan bos

Cara membangun tim sales yang solid yang berikutnya adalah dengan menempatkan diri sebagai tim leader bukan bos. Seorang bos hanya memberikan tugas, memerintah karyawannya dan meminta hasil pekerjaan ketika deadline sudah tiba. Berbeda dengan bos, tim leader menemani anggotanya untuk mengerjakan setiap proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

Mereka akan lebih suka diberi arahan dari pada diperintah. Biasakan untuk menggunakan kata ‘kita’ saat berbicara dengan tim. Hal tersebut akan membuat seluruh anggota tim merasa memiliki tim.

3. Membangun sales person yang handal

Cheerful business coach explaining strategySeorang sales setidaknya harus memiliki 3 hal yaitu pengetahuan akan produk, kebijaksanaan harga dan human relation.

Sales person yang handal tentunya  harus memiliki ketiga hal tersebut. Sales person yang handal akan membuat tim menjadi lebih solid.

Karena setiap yang dikerjakan anggota tim akan berpangaruh besar kepada tim secara keseluruhan.

4. Mengadakan pertemuan di luar kantor

Agendakanlah untuk membuat pertemuan rutin di luar kantor bersama tim minimal 1 bulan sekali. Pertemuan di luar kantor tetap memiliki tujuan untuk membicarakan pekerjaan namun dengan cara yang lebih santai dan personal. Anggota tim akan lebih mudah untuk menceritakan kendalanya dalam prosesnya menjual produk di lapangan.

Setelah itu, bersama dengan tim Anda mencoba untuk memecahkan kendala atau permasalahan tersebut dengan cara yang lebih personal. Biasanya akan banyak ide-ide kreatif yang muncul karena tidak ada rasa segan atau takut untuk mengutarakannya.

Pentingnya membangun tim sales yang solid

Sales situation in a carMembangun tim sales yang solid adalah hal yang sangat penting. Tim yang solid akan menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Seluruh anggota tim akan bekerja dengan sepenuh hati demi nama baik dan kemajuan tim.

Hal ini tentunya akan berdampak baik pada profit penjualan tim itu sendiri dan perusahaan. Team works make the dreams work. Untuk itu, Anda dapat menerapkan cara membangun tim sales yang solid.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>