4 Cara Membangun Tim Sales yang Handal
19 September 2016
Category:
Blog
Sales
Service Excellence Views: 461
Comments: 0

4 Cara Membangun Tim Sales yang Handal

Ujung tombak sebuah perusahaan adalah income yang diperolah dari hasil penjualan produk atau jasa yang dilakukan oleh tim marketing. Semakin tinggi penjualan yang dilakukan tiap harinya, semakin tinggi pula laba perusahaan dan semakin makmur pula perusahaan itu. Semua elemen dalam perusahaan memberi kontribusi yang besar untuk menyukseskan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Kali ini, kita akan fokus membicarakan sales sebagai faktor terpenting dalam marketing.

Sebelum itu, jika Anda adalah seorang owner atau seorang bos, Anda bisa mengetahui atau melakukan pendekatan pada staf Anda dengan mempertimbangkan empat ciri kepribadian masing-masing individu yang tercakup dalam Abreviasi DISC yaitu dominance, influence, steadiness, dan juga compliance yang artinya adalah dominasi, pengaruh, ketekunan dan juga ketaatan. Ini adalah cara untuk memahami karakter orang lain yang bersumber pada psikologi humanistik.

Jika Anda sudah tahu karakter tim penjualan Anda dengan memakai metode DISC diatas, Anda akan bisa memahami karakter masing-masing lalu menggunakan pendekatan pribadi dengan cara-cara yang lebih spesifik. Tim penjualan yang handal akan berpengaruh pada tingginya penjualan yang mendatangkan keuntungan berlipat bagi perusahaan Anda.

Secara lebih spesifik, Anda bisa membentuk tim penjualan yang handal dengan mempraktikkan 5 tips sebagai berikut:

1.  Selektiflah dalam memilih orang-orang terbaik menurut Anda.

hiring-company-building-blocksTim penjualan yang lihai tentunya dijalankan oleh SDM yang handal.

Anda bisa mengetahui kualifikasi SDM tim penjualan Anda dengan cara melihat curriculum vitae masing-masing pelamar dan juga melihat karakternya ketika mengadakan interview.

Tentunya, faktor pendidikan juga menentukan kinerja tim penjualan Anda.

2. Sesuaikan job yang Anda berikan dengan kemampuan masing-masing SDM

Sebagai seorang owner, Anda harus sangat peka terhadap kualitas yang dimiliki staf Anda. Jangan sampai Anda memaksakan pekerjaan atau tanggung jawab kepada orang yang kualitasnya tidak cocok atau tidak sesuai untuk mengembangkan tugas yang bersangkutan.

Ketidak cocokan job dengan kualitas SDM ini pada akhirnya akan menghambat siklus penjualan produk perusahaan. Oleh sebab itu, rotasi posisi sangat mungkin terjadi dengan alasan tersebut.

3. Pilih SDM yang memiliki visi dan misi yang sama dengan perusahaan.

2c6bc85Ketika melakukan perekrutan, Anda bisa memilih SDM yang memiliki orientasi sama dengan apa yang diinginkan perusahaan sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur staf Anda.

Tim penjualan hendaknya memiliki komitmen baik kepada perusahaan, pelanggan maupun dirinya sendiri.

Dengan berpegang pada komitmen, Anda akan mendapatkan SDM yang loyal dan supportif meski dalam perjalanannya akan menghadapi berbagai macam rintangan.

4. Buatlah jenjang karir untuk Memotivasi Karyawan Anda

Dalam tim penjualan, Anda bisa merancang jenjang karir yang merupakan impian dari setiap karyawan di setiap perusahaan. Ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi tim penjualan Anda. Semakin mereka termotivasi, semakin baik kinerja mereka untuk melakukan marketing produk perusahaan Anda.

5. Bangun suasana yang menyenangkan

customer-service-representativesYakinlah bahwa segala sesuatu tidak akan terselesaikan dengan baik dalam kondisi kinerja yang tegang dan berada dibawah tekanan.

Anda akan menyelesaikan semuanya dengan baik dan menyenangkan hanya jika Anda dan tim Anda bekerja dengan hati yang happy dan ikhlas. Biasakanlah tersenyum dan bertuturlah dengan sopan tanpa sindiran dan halus tanpa makian.

Selalu beri inspirasi bagi bawahan Anda dengan kata-kata bijak atau memotivasi mereka melalui video yang menggambarkan realitas prestasi yang dicapai seseorang dengan selalu menggunakan kata ganti “kita” saat berkomunikasi dan bukan “saya” yang merupakan ciri dominansi.Dengan menerapkan tips diatas, berarti Anda sedang bersiap-siap menjadi super sales handal.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>