3 Hal Dasar Training Customer Service yang Harus Dikuasai
25 September 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 2,090
Comments: 1

3 Hal Dasar Training Customer Service yang Harus Dikuasai

Training customer service menjadi langkah penting yang wajib dilakukan perusahaan dalam menggaet pelanggan. Peran CS (Costumer Service) cukup krusial dalam memberikan pelayanan terbaik dan kepuasan pada pelanggan. Terlebih adanya persaingan ketat merebut hati pelanggan di zaman ekonomi global seperti sekarang. Pelanggan tentu hanya akan memilih dan setia pada perusahaan yang mengerti kebutuhannya dan melayani dengan baik. Jadi wajar jika prusahaan memasang standar tinggi dan melakukan pelatihan terbaik, untuk memiliki para CS yang profesional dan bisa diandalkan. Selama masa training, para CS umumnya akan dibekali 3 hal dasar. Ketiganya harus dikuasai jika ingin jadi CS yang terampil dan kompeten. Diantaranya adalah:

3 Hal Dasar Training Customer Service yang Harus Dikuasai

3 Hal Dasar Training Customer Service yang Harus Dikuasai

1. Pemahaman Dasar tentang Customer Service

Segala hal menyangkut CS wajib dipahami secara mendalam, Mulai dari maknanya, tentang pelayanan, sikap tepat dalam melayani, tata cara berbusana, manajemen konflik dan sebagainya. CS perlu memahami pentingnya kesan pertama, etika dan sopan santun yang tepatpada pelanggan yang berbeda-beda. Mereka harus selalu menunjukkan sikap positif dan mengenali karakteristik pelanggan. Jika CS memiliki pemahaman mendalam pada segmentasi perusahaan akan sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan. CS harus jadi jembatan yang baik antara perusahaan dan pelanggan, untuk meningkatkan benefit perusahaan dan memastikan pelanggan menjadi setia serta kembali datang lagi.

2. Teknik Komunikasi Efektif

Training customer service yang mumpuni akan membekali CS dengan teknik komunikasi efektif. Etika berbicara dan pemilihan kata yangtepat sangat dibutuhkan dalam melayani pelanggan. CS perlu menguasai cara komunikasi yang memberikan empati, komunikasi asertif dan panduan berbicara sesuai media. Umumnya CS akan melayani pelanggan secara face toface, via telepon atau E-Commerce. Seorang CS juga dilatih untuk pandai menjaga emosi dan tahu cara menghadapi komplain dari pelanggan. Lewat komunikasi yang efetif CS bisa memberikan kesan ramah, sopan dan menghargai pelanggan di segala situasi. Keterampilan berkomunikasi ini bisa didapat secara bertahap lewat pelatihan customer service yang excellence.

3. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Hal dasar terakhir dan yang paling tinggi selama training costumer service ialah bagaimana cara membangun hubungan dengan pelanggan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut CS akan dibekali teknik-tenik mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, cara membuat pelanggan merasa nyaman, berinteraksi secara positif dan menjaga keharmonisan. Para trainer umumnya akan menjabarkan cara mengambil hati pelanggan, rahasia memenangkan kerjasama, ancaman dan masalah yang mungkin terjadi hingga solusi penyelesaiannya. Salah satu yang diajarkan misalnya menghapal nama dan informasi kecil mengenai pelanggan. Ini cukup efektif membangun kedekatan dan membuat pelanggan lebih terbuka dengan CS. Semua materi dasar di atas akan didapatkan dan wajib dikuasai oleh peserta yang mengikuti training customer service.

Comments

comments

One response on “3 Hal Dasar Training Customer Service yang Harus Dikuasai

  1. […] tentu akan meningkatkan benefit perusahaan. Lalu hal-hal apa sajakah yang umumnya dibahas saat training frontliner? Untuk menjawabnya simak ulasan menarik di bawah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>