3 Cara Meningkatkan Penjualan
23 October 2016
Category:
Blog
Sales Views: 455
Comments: 0

3 Cara Meningkatkan Penjualan

Profesi yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan saat ini sedang sangat berkembang. Dalam waktu yang singkat banyak kompetitor yang muncul dengan produk yang serupa dengan produk yang anda keluarkan. Dan sebelum anda sadari, kompetitor anda sudah siap menyalip dan tepat berada dibelakang anda. Tidak peduli apapun industri yang anda sedang geluti, rencana yang berhasil pada beberapa tahun belakangan ini tidak akan cukup untuk membantu anda pada beberapa tahun mendatang bahkan pada saat ini.

Dengan ketatnya persaingan ini maka sudah tidak ada waktu lagi bagi anda untuk mengetahui rencana penjualan yang benar dan juga yang salah. Saat ini adalah saat untuk melakukan penjualan bukan coba-coba strategi marketing. Bagi anda yang ingin bertahan di dunia bisnis maka beberapa langkah ini sangat tepat bagi anda untuk meningkatkan pejualan dan mengurangi cost untuk perencanaan.

Buat sebuah goal yang tepat sebelum memulai

goal-setting-2015Mulailah dari menjelaskan misi anda. Anda bisa memulainya dengan menentukan niche dari bisnis anda. Apa yang paling baik yang anda bisa lakukan, siapa yang membutuhkan produk anda, bagaimana pendekatan prospek anda dan seberapa banyak mereka akan membayar.

Selanjutnya tulis aktifitas goal anda misalnya tujuan anda perhari, goal anda berbulan atau semua yang berkaitan untuk membuat deadline bagi diri sendiri. Buat juga goal mengenai penjualan perbulan atau mengenai kemajuan pemasukan untuk mengukur sejauh mana usaha anda sudah maju.

Jual apa yang konsumen anda butuhkan

Ikutilah apa yang menjadi tren ini adalah bagian dari sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen. Jika sebuah tren sedang berlangsung maka lihatlah peluang yang ada dimana akan anda banyak orang yang menginginkannya. Meski begitu anda tetap konsisten di jalur anda.

imageMisalnya anda bergerak dibidang fashion khususnya denim. Saat ini sedang tren baju dengan model vintage yang pouler mengusung gaya-gaya lama. Sedangkan denim lebih memiliki kesan trendi atau masa kini. Oleh karena itu anda harus memutar otak jangan hanya bergerak dibidang celana jeans atau jaket. Meski jaket denim dan juga celana jeans adalah fashion yang tidak pernah mati. Tapi tidak ada salahnya untuk menebarkan jala baru yang lebih luas disekitar anda. Hal ini adalah cara selanjutya yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan anda.

Hindari melakukan kegiatan marketing yang membabi buta

Salah satu hal yang sering kali menjadi kesalahan dari orang-orang adalah dimana mereka bisa mengambil perhatian dan mengundang ketertarikan secara viral untuk meningkatkan penjualan tanpa meningkatkan kualitas diri dan produk mereka. Cara marketing ini banyak diterapkan oleh MLM yang kurang bijaksana dalam melakukan promosi. Misalnya melakukan pemotretan bergilir dengan menggunakan mobil sewaan agar konsumen atau calon downgrade bergabung dan lain sebagainya.

Cara ini mungkin akan bertahan dalam beberapa waktu tapi hal ini bisa menjadi masalah dikemudian hari. Bahkan hingga saat ini banyak orang menganggap bahwa MLM adalah sebuah teknik penipuan. Padahal jika teknik marketing ini dilakukan dengan benar, efeknya akan sangat baik dan menyebabkan peningkatan penjualan yang pesat bagi perusahaan.

Meningkatkan penjualan memang penting, tapi membangun nama perusahaan anda memang merupakan hal yang tidak kalah penting demi kelangsungan hidup sebagai karyawan, oleh karena itu harus dilakukan dengan hati-hati. Salah satu teknik marketing yang saat ini sedang banyak diminati dan banyak mendatangkan keuntungan adalah teknik referral. Teknik ini memberikan keuntungan dari dua belah pihak dengan cara yang fair dan tidak mengganggu. Mendapatkan simpati dari konsumen dan menarik banyak perhatian positif adalah cara utama dalam meningkatkan penjualan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>